Laporkan Masalah

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL PENANDA DALAM KALIMAT BAHASA KOREA OLEH PEMBELAJAR ARMY LANGUAGE

HERDA NINDITA I, Supriadianto, S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas akhir yang berjudul Analisis Kesalahan Penggunaan Partikel Dalam Struktur Kalimat Bahasa Korea Oleh Pembelajar Di Lembaga Army Language ini merupakan hasil penelitian lapangan mengenai penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat bahasa Korea dengan objek pembelajar bahasa Korea Army Language. Tugas akhir ini dibuat untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dan faktor penyebab kesalahan penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat bahasa Korea oleh pembelajar bahasa Korea Army Language khususnya pembelajar pemula. Metode penelitian yang digunakan dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat dar survei lapangan dengan kuesioner dan studi pustaka yang dilakukan, ditemukan bahwa pembelajar bahasa Korea Army Language masih melakukan kesalahan dalam penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat bahasa Korea. Kesalahan yang dibahas dalam penelitian ini terdapat pada 5 jenis penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat, yaitu partikel penanda subjek (i/ga dan eun/neun), partikel penanda keterangan (e/eseo), partikel penanda objek (eul/reul), dan partikel penanda akhiran predikat. Faktor penyebab salah penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat tersebut adalah ketidaktahuan tentang kaidah penggunaan partikel penanda dalam bahasa Korea dna kuranganya sarana latihan dalam penggunaan partikel penanda pada struktur kalimat bahasa Korea.

This graduating paper entitled Analysis of Error in Using Particles in Korean Sentence Structure by Student at Army Language is the result of research on the use of particles in Korean sentences which was conducted on the Korean language student on Army Language. This study explains and discusses the form and the cause of errors in the use of marker particles in using Korean by Korean language students of Army Language, especially novice learners. The data were obtained through questionnaires and analysis of existing literature studies. The data analysis reveals that Korean language students of Army Language are likely to incorrectly in using marker particles in Korean sentences. There are 5 types of errors in the use of marker particles in Korean sentences which were examined within this study, subject marking particles (i/ga and eun/neun), marker marking particles (e/eseo), object marking particles (eul/reul), and marker particles that predicate suffix. The factors that cause errors in the use of marker particles in Korean sentences are does not know well about the use of marker particles in Korean, lack of training facilities in the use of marker particles in Korean sentence structure, and several reason.

Kata Kunci : penanda, bahasa Korea, Army Language

  1. D3-2021-425845-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425845-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425845-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425845-title.pdf