PENGEMBANGAN DESAIN ANTARMUKA LAYANAN CHATBOT MENGGUNAKAN FIGMA UNTUK APLIKASI E-COMMERCE
ADRISTA SALSABILA N, Teguh Bharata Adji, S.T., M.T., ; Noor Akhmad Setiawan, S.T., M.Eng., Ph.D.
2021 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASIPesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat mulai memiliki ketergantungan terhadap e-commerce. Capstone project sebelumnya telah mengembangkan aplikasi e-commerce bernama MeetingYuk. Salah satu permasalahan yang akan dihadapi oleh e-commerce termasuk MeetingYuk adalah semakin tingginya permintaan konsumen yang tidak diimbangi dengan jumlah tenaga kerja. Pertanyaan yang sama seringkali muncul dari pengguna yang berbeda, dan customer service perlu memberikan pelayanan yang cepat setiap saat. Untuk mengantisipasi adanya ketidakpuasan konsumen, maka capstone project kali ini mengembangkan sebuah chatbot dengan teknologi artificial intelligence dan natural language processing sehingga mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh konsumen kapan saja dan dimana saja. Metode yang digunakan dalam pengembangan UI/UX adalah design thinking. Tools yang digunakan adalah Figma karena mudah digunakan untuk berkolaborasi dalam tim. Metode untuk pengujian menggunakan User Experience Questionnaire.
The rapid development of information and communication technology makes people begin to have dependencies on e-commerce. Previously, the capstone project had developed an e-commerce application called MeetingYuk. One of the problems that will be faced by most e-commerce including MeetingYuk is the imbalance between the increasing demand of customers and the number of customer services. Customer service needs to provide fast service to consumers and answer repetitive questions at the same time. To anticipate the problems, this capstone project developed a chatbot with artificial intelligence technology and natural language processing so it can answer all questions given by consumers anytime and anywhere. In terms of UI/UX, the development method used is design thinking. Prototype of chatbot developed using Figma due to the needs of collaboration in the team. The method used to get feedback from users is the User Experience Questionnaire.
Kata Kunci : ChatBot, UI/UX, Design Thinking, User Experience Questionnaire