Pengembangan Aplikasi Permainan Gamelan Jawa sebagai Media Edukasi dan Pelestarian Budaya Indonesia
HASYIM MUHAMMAD, Ir. Addin Suwastono, S.T., M.Eng., IPM.;Prof. (Emr). Adhi Susanto, M.Sc., Ph.D.
2021 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASIBudaya Indonesia khususnya kesenian gamelan Jawa perlu dilestarikan agar tidak mengalami degradasi akibat kurangnya media yang memperkenalkan kesenian tersebut. Tidak banyak tempat atau institusi yang memiliki perangkat gamelan lengkap sebagai media edukasi bagi masyarakat. Satu set instrumen gamelan lengkap memiliki harga dikisaran ratusan juta tergantung bahan baku pembuatan yang digunakan. Capstone project ini berfokus dalam pengembangan aplikasi permainan yang berisikan instrumen gamelan jawa sebagai media edukasi dan memberikan pengalaman bermain instrumen gamelan asli dengan judul Gladi Gamelan. Aplikasi permainan ini dikembangkan dalam platform PC dengan genre permainan rhythm game. Metode pengembangan aplikasi menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) yang memiliki tahap-tahap khusus untuk mengembangankan sebuah aplikasi permainan atau video game. Fokus pengembangan Gladi Gamelan terdapat pada 2 alur permainan, yaitu alur bermain gamelan dengan iringan gending dan bermain gamelan tanpa iringan gending. Instrumen awal yang digunakan merupakan kelompok balungan gamelan, yaitu saron, peking, dan bonang. Hasil dari pengetesan menggunakan black box testing menunjukkan bahwa fitur-fitur pada alur bermain Mengiringi Gending dengan instrumen saron dan gending gundul-gundul pacul berhasil diimplementasikan. Selain itu, fitur-fitur pada alur bermain Latihan Gamelan untuk instrumen saron, peking, dan bonang berfungsi dengan baik.
Indonesian culture, especially the art of Javanese Gamelan, needs to be preserved in order to avoid the occurrence of degradation due to the lack of media that introduces this art of gamelan. Not many places or institutions have complete gamelan equipment as a medium of education for the community. A complete set of gamelan instruments costs in the hundreds of millions rupiahs depending on the raw materials used. This Capstone project focuses on developing game applications containing Javanese gamelan instruments as an educational media and providing the experience of playing original gamelan instruments and this project titled as Gladi Gamelan. This application was developed on the PC platform with the rhythm game genre. The application development method using Game Development Life Cycle (GDLC) which has special stages to develop a game or video game application. Development of Gladi Gamelan focuses on 2 types of game flows, it is playing gamelan with gending accompaniment and playing gamelan without gending accompaniment. The initial instrument used was the group of balungan gamelan, that was called saron, peking, and bonang. The results using black box testing shows that the features of playing Gending accompaniment with saron instrument on gundul-gundul pacul song have been successfully implemented. In addition, the features in the Practice Gamelan without Gending accompaniment and using saron, peking, and bonang instruments also works well.
Kata Kunci : Gamelan Jawa, Edukasi, Budaya, Permainan