The Analysis of Social Media Management of DTHV SV UGM Instagram Account
ALIF MARFUAH A, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRISMedia sosial telah menjadi wajah bagi sebuah institusi. Wajah tersebut harus dikelola sedemikian rupa agar bisa menggambarkan �siapa� dan �apa� dibelakangnya. Banyaknya pengguna Instagram dimanfaatkan oleh DTHV SV UGM dalam menyebarkan informasi karena banyak khalayak mencari tahu segala bentuk informasi melalui Instagram. Pengelolaan manajemen media sosial Instagram sangatlah penting. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan manajemen sosial media untuk menjadi sarana komunikasi untuk DTHV SV UGM dan siapapun yang ingin mencari tahu mengenai informasi tentang DTHV SV UGM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teori pengelolaan media sosial dan pengelolaan media sosial pada akun Instagram DTHV SV UGM. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan landasan konsep teori The Circular Model of SOME oleh Regina Luttrell. Penelitianini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung kepada tim manajemen sosial media Instagram @dthv.sv.ugm, salah satu follower dari @dthv.sv.ugm, dan salah satu panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) serta dilengkapi oleh studi pustaka dari jurnal pendukung. Setelah data terkumpul, data akan dianalisis melalui aspek 'share', 'optimize', 'manage', dan 'engage' dalam Instagram @dthv.sv.ugm. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram DTHV SV UGM melalui aspek 'share', 'optimize', 'manage', dan 'engage'. Melalui aspek 'share', DTHV SV UGM mampu mengidentifikasi pemilihan media sosial Instagram sebagai media utamanya. Aspek 'optimize', konten telah dibuat kemudian didukung dan divalidasi oleh rasa penasaran audiens dan hasilnya konten yang telah diunggah telah menjawab rasa penasaran audiens. Aspek 'manage' berfungsi pada konten mana yang paling disukai yaitu mengenai informasi- informasi di DTHV SV UGM dan konten yang sedikit disukai, yaitu mengenai informasi lain selain tentang DTHV SV UGM. Kemudian, aspek 'engage' berfungsi ketika manajemen mengevaluasi konten yang diunggah di platform lain dan audiens merespons, tidak hanya menyadari tetapi juga mengambil tindakan seperti suka, berkomentar, dan berlangganan. Sehingga, melalui aspek-aspek tersebut pengelolaan media sosial akun Instagram dapat diketahui.
Social media has become the face of an institution. The face must be managed in such a way as to describe 'who' and 'what' behind it. The number of Instagram users is used by DTHV SV UGM in information dissemination as many people seek information through Instagram. The management social media management of Instagram very important. Therefore, social media content management is essential as a communication tool for DTHV SV UGM and anyone who seeks information about DTHV SV UGM. The aims of this study are to know the theory of social media management and the social media management of DTHV SV UGM. This study uses descriptive research method with qualitative approach and uses The Circular Model of SOME by Regina Luttrell as the theoretical basis. This study uses data collection techniques with direct interviews with @dthv.sv.ugm Instagram manager, one of the followers of @dthv.sv.ugm, and one of the PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) committee and is complemented by literature studies from supporting journals. After the data were collected, the data were analyzed through the aspects of 'share', 'optimize', 'manage', and 'engage' in @dthv.sv.ugm Instagram account. The results of this study are to determine the management social media Instagram of DTHV SV UGM through the aspects of 'share', 'optimize', 'manage', and 'engage'. The 'share' aspect, DTHV SV UGM was able to identify the selection of Instagram as the social media. In the 'optimize' aspect,the content has been created then supported and validated by the curiosity of the audience and as a result the uploaded content has answered the audience�s curiosity. The 'manage' aspect works on which content receives the most likes, which is about informations about DTHV SV UGM and what content receives the least likes, which is about information other than about DTHV SV UGM. Then, the 'engage' aspect works when the management evaluates content uploaded on other platforms and people respond to it, not only viewing it but also taking actions such as liking, commenting, and subscribing. Through these aspects, the social media management of DTHV SV UGM Instagram account can be identified.
Kata Kunci : Analisis, Manajemen Media Sosial, Instagram, DTHV SV UGM