Laporkan Masalah

Peran Celebrity Worship Pada Eudaimonic Well-Being Dalam Fandom/Fanbase ARMY di Indonesia

AZZAHRA SALSABILLA BROTOKUSUMO, Idei Khurnia Swasti S.Psi., M.Psi

2021 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Celebrity worship merupakan jenis hubungan parasosial yang tidak normal dengan seorang/lebih selebriti yang didorong oleh unsur penyerapan identitas dan adanya rasa kecanduan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan selebriti tersebut. Namun pada penelitian terdahulu, celebrity worship dapat memberikan dampak positif (kebermaknaan diri, sense of belongingness, koping stres, dll) apabila para worshipper tersebut bergabung ke dalam fandom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran celebrity worship terhadap eudaimonic well-being para individu yang bergabung dalam fandom ARMY di Indonesia. Partisipan dari penelitian ini sebanyak 207 partisipan yang berusia18-25 tahun dan telah bergabung dalam fandom BTS (ARMY) selama satu tahun. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa celebrity worship berperan positif pada eudaimonic well-being para individu yang bergabung dalam fandom BTS (ARMY). Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengaitkan celebrity worship dengan eudaimonic well-being pada individu yang bergabung dalam fandom di Indonesia. Temuan ini diharapkan dapat memberikan gambaran psikologis dari dampak memuja selebriti khususnya grup BTS dan diharapkan dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik mengenai fenomena ini di Indonesia.

Celebrity worship is a type of abnormal parasocial relationship with one or more celebrities that is driven by the element of identity absorption and an addiction to everything related to the celebrity. However, in previous studies, celebrity worship can have a positive impact (self-meaningfulness, sense of belongingness, coping with stress, etc.) when the worshipers join the fandom. The purpose of this study is to determine the role of celebrity worship on the eudaimonic well-being of individuals who join the ARMY fandom in Indonesia. Participants in this study were 207 participants aged 18-25 years and had joined the BTS (ARMY) fandom for one year. The results of simple linear regression analysis show that celebrity worship has a positive role in the eudaimonic well-being of individuals who join the BTS (ARMY) fandom. This study is the first study to link celebrity worship with eudaimonic well-being in individuals who join fandoms in Indonesia. This finding provides a psychological picture of the impact of worshiping celebrities especially K-POP groups and is expected to contribute to a better understanding of this phenomenon in Indonesia.

Kata Kunci : celebrity worship, eudaimonic well-being, fandom ARMY, BTS

  1. S1-2021-412933-abstract.pdf  
  2. S1-2021-412933-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-412933-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-412933-title.pdf