Laporkan Masalah

Evaluasi User Experience terhadap Situs Portal Berita Indonesia

NANDIKA AMANDITA, Dr. Bimo Sunarfri Hantono, S.T., M.Eng.; Ir. Agus Bejo, S.T., M.Eng., D.Eng.

2021 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, meningkatnya kebutuhan atas sumber informasi yang dapat dipercaya dan mudah diakses dari mana saja memicu pertumbuhan media berita yang tersedia secara online. Terhitung April 2021, sebanyak 773 situs portal berita telah didirikan dan diverifikasi oleh Dewan Pers (Dewan Pers, 2021). Sayangnya hanya 22% dari populasi penduduk cakap internet Indonesia yang berminat untuk mengunjungi situs portal berita (APJII, 2019). Sebagai penyedia informasi yang terpercaya, selain membuat konten yang faktual situs-situs ini juga harus memiliki kebergunaan yang baik juga tampilan yang menarik dan nyaman agar pengguna memiliki user experience yang baik ketika menggunakan situs; meningkatkan retensi pengguna terhadap situs. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi usability dan user experience terhadap situs portal berita di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ), dan AttrakDiff terhadap tiga situs berita Kompas, Detik.com, dan Tribunnews diperoleh hasil nilai SUS sebesar 60,09 (Low Marginal) untuk Kompas; 69,57 (High Marginal) untuk Detik.com; dan 58,62 (Low Marginal) untuk Tribunnews. Menurut hasil benchmark UEQ, situs Detik.com berada pada kategori Below Average, dan untuk situs Kompas dan Tribunnews tergolong dalam kategori Bad. Hasil evaluasi AttrakDiff menunjukkan bahwa walaupun ketiga situs memiliki fungsionalitas yang baik, tampilan yang dimiliki masih tergolong murahan sehingga menurunkan daya tarik situs dengan cukup drastis.

As the internet user population grows, the increasing need for a reliable and easy-to-access source of information incites the growth of readily-available online news. In Indonesia, 773 news portal sites have been established and verified by the Press Committee, as per April 2021 (Dewan Pers, 2021). Unfortunately, only 22% of the population is inclined to visit these sites (APJII, 2019). Therefore, it is imperative for these sites to not only provide credible information but also design their interfaces in such a way that are both highly usable and attractive to ensure the best user experience possible; all the while increasing user retention to said sites. As such, Indonesian news portal sites������¢���¯���¿���½���¯���¿���½ user experience and usability ratings should be assessed. Using System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ), and AttrakDiff as assessment methods to evaluate three websites Kompas, Detik.com, and Tribunnews resulting in a SUS score of 60,09 (Low Marginal) for Kompas, 69,57 (High Marginal) for Detik.com, and 58,62 (Low Marginal) for Tribunnews. According to UEQ benchmarking, Detik.com is classified as Below Average despite the all-positive score, whereas Kompas and Tribunnews are categorized as Bad. AttrakDiff results suggest that although these three sites already have good usability, users still consider the sites������¢���¯���¿���½���¯���¿���½ layout to be lacking and cheap-looking, thus reducing their overall attractiveness quite considerably.

Kata Kunci : Usability Testing, Situs Portal Berita, System Usability Scale, User Experience Questionnaire, AttrakDiff

  1. S1-2021-369212-abstract.pdf  
  2. S1-2021-369212-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-369212-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-369212-title.pdf