Laporkan Masalah

Implementasi Fitur Mengiringi Gending dan Latihan Gamelan Pada Pengembangan Aplikasi Permainan Gamelan Jawa Sebagai Media Edukasi dan Pelestarian Budaya

ALDI PRATAMA W, Ir. Addin Suwastono, S.T., M.Eng., IPM.; Prof. (Emr). Adhi Susanto, M.Sc., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Budaya Indonesia khususnya kesenian gamelan Jawa perlu dilestarikan agar tidak mengalami degradasi akibat kurangnya media yang memperkenalkan kesenian tersebut. Tidak banyak tempat atau institusi yang memiliki perangkat gamelan lengkap sebagai media edukasi bagi masyarakat. Satu set instrumen gamelan lengkap memiliki harga dikisaran ratusan juta tergantung bahan baku pembuatan yang digunakan. Capstone project ini berfokus dalam pengembangan aplikasi permainan yang berisikan instrumen gamelan jawa sebagai media edukasi dan memberikan pengalaman bermain instrumen gamelan asli dengan judul Gladi Gamelan. Aplikasi permainan ini dikembangkan dalam platform PC dengan genre permainan rhythm game. Metode pengembangan aplikasi menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) yang memiliki tahap-tahap khusus untuk mengembangankan sebuah aplikasi permainan atau video game. Fokus pengembangan Gladi Gamelan terdapat pada 2 alur permainan, yaitu alur bermain gamelan dengan iringan gending dan bermain gamelan tanpa iringan gending. Instrumen awal yang digunakan merupakan kelompok balungan gamelan, yaitu saron, peking, dan bonang. Hasil dari pengetesan menggunakan black box testing menunjukkan bahwa fitur-fitur pada alur bermain Mengiringi Gending dengan instrumen saron dan gending gundul-gundul pacul berhasil diimplementasikan. Selain itu, fitur-fitur pada alur bermain Latihan Gamelan untuk instrumen saron, peking, dan bonang berfungsi dengan baik.

Indonesian culture, especially Javanese gamelan art, needs to be preserved so as not to experience degradation due to the lack of media that introduces the art. Not many places or institutions have complete gamelan equipment as a medium of education for the community. A complete set of gamelan instruments costs in the hundreds of millions depending on the raw materials used. This Capstone project focuses on developing game applications containing Javanese gamelan instruments as an educational medium and providing the experience of playing original gamelan instruments with the title Gamelan Rehearsal. This game application was developed on the PC platform with the rhythm game genre. The application development method uses Game Development Life Cycle (GDLC) which has special stages to develop a video game. The focus of the development of Gamelan rehearsal is on 2 game lines, namely the flow of playing gamelan with accompaniment and playing gamelan without accompaniment. The initial instrument used was the balungan gamelan group, namely saron, peking, and bonang. The results of testing using black box testing show that the features of the accompanying Gending play path with saron and gending gundul-gundul pacul instruments have been successfully implemented. In addition, the features in the Gamelan Practice gameplay for saron, peking, and bonang instruments work well.

Kata Kunci : gamelan, rhythm game, testing

  1. S1-2021-400342-abstract.pdf  
  2. S1-2021-400342-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-400342-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-400342-title.pdf