Konsumsi Pengalaman dan Praktik Konsumsi Ruang di Hartono Mall Yogyakarta Pada Masa Pandemi COVID-19
MUGHNIFIA PUTRI S, Dr. G.R. Lono Lastoro Simatupan, M.A.
2021 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYABerkunjung ke pusat perbelanjaan modern atau disebut juga dengan mall lekat dengan pemanfaatan ruang sebagai domain publik. Mall sebagai sebuah ruang publik yang tatanan dan fasilitasnya dapat menjadi faktor penentu aktivitas pengunjung berikut juga menghadirkan makna dan kesan tersendiri. Ruang dengan tatanan, penuansaan dan fasilitasnya menjadi satu objek tersendiri yang dinikmati oleh pengunjung mall selain dari objek berupa barang. Penelitian yang dilakukan secara spesifik di Hartono Mall, Sleman, Yogyakarta ini ditujukan untuk menggali ragam aktivitas pengunjung saat berada di mall beserta pengalaman menggunakan ruang yang ditangkap melalui input-input sensori yang ada yaitu sensori visual, audio, thermal, olfactory dan taktil, serta pengalaman mengonsumsi ruang publik di tengah pandemi. Data dalam penelitian ini disajikan menggunakan metode triangulasi dan behavioral mapping. Sedangkan proses pengumpulan data melalui observasi partisipasi dan kajian pustaka. Penelitian ini menunjukkan adanya perhatian dan kesan pengunjung mall terhadap input sensori visual berkaitan dengan tata letak ruang dan desain bangunan mall sehingga memunculkan suatu preferensi. Begitu pula pada input sensori audio yang teramati berupa lagu-lagu latar yang terputar, dan input sensori olfactory berupa aroma-aroma dari gerai-gerai makanan dan juga parfum-parfum yang dapat lekat pada pakaian pengunjung menjadi bagian dari pengalaman mengonsumsi ruang. Fasilitas yang tersedia seperti meja, kursi, toilet, mushola dan ruang parkir basement menjadi perhatian pengunjung pada penelitian ini. Ruang dengan segala tatanan, nuansa, dan fasilitas yang digunakan pengunjung untuk beraktivitas pada penelitian adalah ruang yang juga sedang dibatasi dalam upaya penegakkan protokol kesehatan pandemi. COVID-19. Pembatasan akses tersebut memiliki dampak yang beragam bagi pengunjung, mulai dari yang tidak lagi dapat beraktivitas seperti biasanya, kapasitas ruangan yang berkurang, fasilitas yang terbatas aksesnya, hingga pada pengaturan jarak dalam ruang. Pada penelitian ini dikemukakan bahwa beragam bentuk kompromi pengunjung lakukan untuk mengonsumsi ruang di Hartono Mall dengan segala pembatasan di tengah pandemi.
Visiting a modern shopping center, also known as mall, is closely related to the use of space as a public domain. Mall as a public space which layout and facilities can be a determining factor for visitors activities bring its own significance and notion. A space equipped with layout, nuance, and facilities become a separate object enjoyed by visitors apart from objects in the form of items. This study, that is specifically conducted in Hartono Mall, Sleman, Yogyakarta, is aimed to explore visitors activities in the mall and their experience using the space recorded through sensory input: visual, audio, thermal, olfactory, and tactile, and public space consumption experience during the pandemic. The result in this study uses triangulation and behavioral mapping method, while the process of collecting the data uses participative observation and literature review. This study shows visitors interest and notion towards visual sensory input related to room layout and mall design that results to a preference. Likewise, audio sensory input observed in the form of background music and olfactory sensor in the form of aroma from food stalls and perfumes that can be adhered into visitors clothes are part of space consumption experience. Facilities such as tables, chairs, toilets, prayer rooms and basement parking lot become visitors attention in this study. The space with its layout, nuance, and facilities used by visitors for their activities in the study is also a space that is being restricted in attempt to enforce health protocol during COVID-19. The access restriction gives various impact on visitors, from people who cannot perform activities as usual, reduced room capacity, facilities with limited access, to distance adjustment in a room. It is stated in this study that various forms of compromise are made by visitors in order to consume space in Hartono Mall with all restrictions during the pandemic.
Kata Kunci : Mall, pengalaman, ruang, input sensori, pandemi.