Laporkan Masalah

Multi-Track Diplomacy and Nation Branding: Indonesian Diplomatic Strategy in Bulgaria

Dobrin Tsvetanov Bugov, Lukmanul Hakim, S.I.P., M.A.

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Tesis ini menjelaskan dinamika diplomasi atau hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Republik Bulgaria sejak pertama kali dilakukan pada tahun 1956. Hubungan bilateral ini telah berkembang dan melewati zaman politik masing-masing yang berbeda. Tesis ini akan meneliti diplomasi Republik Indonesia di Bulgaria sejak penetapannya hubungan dengan Republik Bulgaria. Penelitian difokuskan pada dua aspek utama, yakni (1) strategi diplomatik yang dipakai oleh Indonesia untuk meningkat citranya di Bulgaria (2) keberhasilan dan keterbatasan diplomasi tersebut. Dengan menggunakan kerangka konsep diplomasi multijalur dan nation branding, tesis ini menjawab persoalan bagaimana diplomasi Indonesia di Bulgaria berkembang dan faktor-faktor yang mempengaruhi capaian dan tantangannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki perencanaan diplomasi yang telah disesuaikan dengan aliran politik di dunia, lebih berfokus, dengan tujuan tertentu yang dapat jelas dilihat dari cara implementasinya di Bulgaria.

This research examines the dynamic of the Indonesian-Bulgarian bilateral relations since their establishment in 1956. Those bilateral relations have already developed and passed through different political periods. The focus of this thesis is the Indonesian diplomacy in Bulgaria since the establishment of the diplomatic ties. There are two main aspects of this research, namely (1) Indonesian diplomatic strategy in relation to enhancing Indonesia's image in Bulgaria; (2) limitations and successes of Indonesian diplomacy. Multitrack diplomacy and nation branding are the two conceptual frameworks used in this study to examine the development of Indonesian diplomacy in Bulgaria, its achievements and challenges. The research also shows that Indonesian diplomacy is planned and follows the political trends around - being more focused and with a target that could be seen from the way Indonesian diplomacy is carried out in Bulgaria.

Kata Kunci : diplomacy, Bulgaria, Indonesia, nation branding, diplomatic relations

  1. S2-2021-444640-abstract.pdf  
  2. S2-2021-444640-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-444640-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-444640-title.pdf