THE PROCESS AND ANALYSIS OF INSTAGRAM CONTENT MAKING IN JIZ FM
MUHAMAD HARIO PANDIT, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPengelolaan konten Instagram dari radio JIZ FM selalu mengalami evaluasi disetiap waktu. Penggunaan desain grafis dalam membuat konten diterapkan guna meningkatkan engagement dan marketing dari JIZ FM itu sendiri. Agar dapat tepat sasaran, desain yang digunakan harus sesuai dengan selera masyarakat terutama pendengar dari JIZ FM. Penuilisan laporan akhir ini bertujuan untuk memaparkan proses dalam pembuatan ulang desain untuk konten Instagram yang cocok dan dapat menjadi salah satu media dalam pemasaran secara digital melalui Instagram. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan melakukan studi lapangan selama dua bulan saat magang, melakukan wawancara dengan orang yang bertanggung jawab terhadap social media JIZ FM, dan studi pustaka. Dalam pembuatan desiain grafis di JIZ FM terdapat beberapa tahapan agar mendapatkan hasil yang optimal. Dalam pembuatannya tahapan yang perlu dilewati berupa pengumpulan data, analisis, brainstorming, pemilihan desain, dan evaluasi. melalui tahapan tersebut didapatkan demograpic untuk menentukan target market Instagram account JIZ FM. Mayoritas merupakan audience yang berasal dari Yogyakarta dan Jakarta dengan sebaran umur mulai dari 18-34 tahun. Data ini dapat membantu dalam pemilihan desain yang sesuai untuk digunakan. Maka dari tiu. didapatkanlah tiga desain yang sedang diminati yaitu futuristic teknologi, minimalis dan vintage. Dari ketiga jenis desain tersebut penggunaan desain minimalis dengan gaya flat desain diterapkan. Dengan pembuatan ulang desain ini akun Instagram dari JIZ FM memperoleh total engagement terbanyak sebesar 400 engagement.
Instagram content management from JIZ FM radio always evaluates every time. The use of graphic design in creating content is applied to increase the engagement rate and marketing from JIZ FM. To be right on target, the design used must be in accordance with the tastes of the society, especially listeners from JIZ FM. This final paper aims to describe the process of redesigning Instagram content that is suitable and can be one of the media in digital marketing for JIZ FM. The method used in this research was a qualitative approach method by conducting field studies for two months during an internship, interviews with the graphic designer of JIZ FM, and literature studies. In making graphic designs at JIZ FM there are several steps to be done to get optimal results. The steps that need to be done are data collection, analysis, brainstorming, design selection, and evaluation. Through these steps, demographics data are obtained to determine the target market for the JIZ FM Instagram account. Most of the audience came from Yogyakarta and Jakarta with an age distribution ranging from 18-34 years. This data can help in selecting the type of design to be use. The results obtained are that there are three designs that are in high demand, namely futuristic technology, minimalism, and vintage. Of the three designs, the use of a minimalist design with a flat design style is applied. With this redesign, the Instagram account from JIZ FM obtained the highest total engagement of 400 engagements.
Kata Kunci : Design, Instagram Content, JIZ FM Graphic Design