Evaluasi Kinerja Terminal Bus Tipe A Bangga Mbangun Desa Kota Cilacap
ISMA NUR IKA AYUNI, Nursyamsu Hidayat, S.T., M.T., Ph.D.
2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILPemerintah kota Cilacap melakukan renovasi terminal bus penumpang yang lebih baru dan mewah pada tahun 2014 dan selesai pada tahun 2016 serta aktif beroperasi pada tahun 2017. Terminal ini dikategorikan sebagai terminal bus tipe A dan memiliki nama resmi tanda petik Terminal Bangga Mbangun Desa tanda petik. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelayanan operasional, dan kinerja Terminal bus Bangga Mbangun Desa Cilacap yang diharapkan mampu memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Cilacap dan membuat transportasi di Kota Cilacap menjadi semakin lancar, aman dan terkendali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan analisis untuk data primer. Pengumpulan data dilakukan pada hari Senin, 24 Mei 2021 dan Minggu, 30 Mei 2021 dengan lama survei 8 jam. Data primer yang diperoleh yaitu waktu kedatangan dan keberangkatan bus, fasilitas terminal, dan kuesioner penumpang. Data sekunder yang diperoleh yaitu layout terminal, kemudian data diolah, dianalisis, dan dievaluasi sesuai dengan standarisasi yang digunakan. Hasil dari analisis data yaitu luas lahan dan fasilitas penunjang terminal belum memenuhi standar aturan. Hasil analisis karakteristik parkir akumulasi tertinggi 6 bus untuk parkir utara dan 10 bus untuk parkir selatan, volume tertinggi 26 bus untuk parkir utara dan 72 bus untuk parkir selatan, tingkat pergantian parkir 5 kendaraan/SRP/jam untuk parkir utara dan 9 kendaraan/SRP/jam untuk parkir Selatan, Nilai indeks parkir 120% untuk area parkir utara dan 125% untuk parkir selatan, durasi parkir 42-47 menit untuk parkir utara dan 18-23 menit untuk parkir selatan, kapasitas parkir 9 bus/jam untuk parkir utara dan 20 kendaraan/jam untuk parkir selatan, kebutuhan ruang parkir 2 SRP untuk parkir utara dan 4 SRP untuk parkir selatan. Hasil analisis kuesioner penumpang secara umum sudah baik, tetapi untuk waktu tunggu bus yang tidak lama masih kurang baik.
The city government of Cilacap renovated a newer and more luxurious passenger bus terminal in 2014 and it was completed in 2016 and actively operating in 2017. This terminal is categorized as a type A bus terminal and has the official name quotation marks Terminal Bangga Mbangun Desa quotation marks. The purpose of this study is to evaluate operational services, and the performance of the bus terminal which is expected to be able to provide security and comfort for the people of Cilacap City and make transportation in Cilacap City smoother, safer and more controlled. The method used in this research is survey method and analysis for primary data. Data collection was carried out on Monday at 24th of May 2021 and Sunday 30th of May 2021 with a survey duration of 8 hours. The primary data obtained are bus arrival and departure times, terminal facilities, and passenger questionnaires. The secondary data obtained is the layout of the terminal, then the data is processed, analyzed, and evaluated according to the standard used. The result of data analysis is that the land area and terminal supporting facilities do not meet the regulatory standards. The results of the analysis of the highest accumulation parking characteristics are 6 buses for north parking and 10 buses for south parking, the highest volume is 26 buses for north parking and 72 buses for south parking, the parking turnover rate is 5 vehicles/SRP/hour for north parking and 9 vehicles/SRP/ hours for south parking, parking index value is 120% for north parking area and 125% for south parking, parking duration is 42-47 minutes for north parking and 18-23 minutes for south parking, parking capacity is 9 buses/hour for north parking and 20 vehicles/hour for south parking, parking space needs 2 SRP for north parking and 4 SRP for south parking. The results of the passenger questionnaire analysis are generally good, but the short waiting time for buses is still not good.
Kata Kunci : Fasilitas, karakteristik parkir, kuesioner