Kinerja Operasional Terminal Indihiang Kota Tasikmalaya Berdasarkan Kedatangan Dan Keberangkatan Bus
MUHAMAD IQBAL FAUZI, Ir. Heru Budiutomo S,MT.
2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILTerminal Indihiang merupakan transportasi perasana publik di Kota Tasikmalaya yang melayani hampir semua jalur angkutan umum baik itu AKAP, AKDP, serta Angkudes. Terminal Indihiang termasuk jenis terminal penumpang tipe A, yang merupakan terminal induk terbesar di kawasan Kota Tasikmalaya selain memiliki terminal induk Kota Tasikmalaya memiliki banyak industri angkutan umum khususnya bus, kondisi ini kemudian menyebabkan pergerakan penumpang di Terminal Indihiang kurang begitu ramai. Disamping itu lokasi industri-industri bus yang sangat strategis dengan sektor masyarakat ketimbang terminal. Permasalahan lain yang terjadi di terminal adalah dengan dekatnya pasar umum yang menyebabkan penumpang serta bus tidak masuk terlebih dahulu ke terminal akan tetapi bus memasukan penumpang diluar terminal. Proses yang dilakukan adalah a) mengidentifikasi kinerja operasional terminal Indihiang, b) mengidentifikasi arus kedatangan bus di terminal Indihiang, c) mengidentifikasi arus keberangkatan bus di terminal Indihiang, serta d) mengetahui cara untuk meningkatkan kinerja operasional di Terminal Indihiang. Hasil analisis dari beberapa tahap analisis yang telah dilakukan, menyatakan bahwa keramaian kendaraan khususnya bus di Terminal Indihiang mengalami kenaikan sekitar kurang lebih 30% dari per 15 hari, akan tetapi jumlah pada penumpang mengalami penurunan.
Indihiang Terminal is a public transportation in Tasikmalaya City that serves almost all public transportation routes, be it AKAP, AKDP, and Angkudes. Indihiang Terminal is a type A passenger terminal, which is the largest main terminal in the Tasikmalaya City area. Besides having a main terminal, Tasikmalaya City has many public transportation industries, especially buses, this condition then causes the movement of passengers at Indihiang Terminal to be less crowded. Besides that, the location of the bus industries is very strategic with the community sector rather than the terminal. Another problem that occurs at the terminal is the proximity of the public market which causes passengers and buses not to enter the terminal first, but buses enter passengers outside the terminal. The process carried out is a) identifying the operational performance of the Indihiang terminal, b) identifying the flow of bus arrivals at the Indihiang terminal, c) identifying the flow of bus departures at the Indihiang terminal, and d) knowing how to improve operational performance at the Indihiang Terminal. The results of the analysis from several stages of analysis that have been carried out state that the crowd of vehicles, especially buses at the Indihiang Terminal, has increased by approximately 30% from 15 days, but the number of passengers has descreased.
Kata Kunci : Kinerja Operasional Terminal Berdasarkan Kedatngan Dan Keberangkatan Bus