Laporkan Masalah

Hubungan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta tahun akademik 2000/2001

SHOFIAH, Vivik, Dr. Toto Kuwato

2002 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Tahun Akademik 2000/2001. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri, (2) ada hubungan positif antara kepercayan siri dengan prestasi belajar, (3) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar. Jumlah subyek penelitian sebanyak 201 mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Tahun Akademik 2000/2001. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket untuk mengungkap motivasi berprestasi dan kepercayaan diri, dokumentasi untuk mengetahui indeks prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) ada korelasi antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi belajar (Freg = 19,208; p = 0,000), (2) ada korelasi yang positif dan sangat signifikan (r = 0,296 ; p = 0,000) antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar, dan (3) ada korelasi yang positif dan sangat signifikan (r = 0,198 ; p = 0,005) antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif untuk variabel kepercayaan diri sebesar 10,688 % dan sumbangan efektif untuk variabel motivasi berprestasi sebesar 5,562 %.

Available in Fulltext

Kata Kunci : Percaya Diri, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar, sef confidence, Achievement motivation, Academic Achievement.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.