Laporkan Masalah

Analisis Hubungan Dimensi Budaya Dengan Tingkat Stres Pembelajaran Daring dan Motivasi Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada

ADIFA FREENKA S, Andi Rahadiyan Wijaya, Ir., S.T., M.Sc., Ph.D.,IPM.,ASEAN.Eng

2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai budaya individu dengan tingkat stres pembelajaran daring dan motivasi mahasiswa aktif Teknik Industri Universitas Gadjah Mada. Objek penelitian adalah mahasiswa aktif Program Studi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada yang pernah mengikuti pembelajaran daring (angkatan 2017-2020). Variabel independen penelitian adalah Power Distance, Uncertainty Avoidance, Individualism vs Collectivism, Feminity vs Masculinity, dan Long Term vs Short Term Orientation. Variabel dependen penelitian adalah stres pembelajaran daring dan motivasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner CVSCALE, kuesioner PSS, kuesioner MSQL dan software SPSS. Tahap-tahap penelitian terdiri dari mengidentifikasi masalah, melakukan studi literatur, membuat kuesioner, melakukan pilot study, melakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner, menentukan jumlah sampel, melakukan pengumpulan data, penentuan skenario analisis, penentuan dimensi budaya, melakukan uji normalitas, melakukan uji korelasi, melakukan uji prasyarat MANOVA, melakukan uji MANOVA, melakukan uji Post MANOVA, melakukan analisis dan pembahasan serta membuat kesimpulan dan saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan untuk kombinasi dua, tiga, dan empat dimensi budaya dasar dengan tingkat stres pembelajaran daring, terdapat korelasi yang signifikan untuk kombinasi satu dan tiga dimensi budaya dasar dengan jenis motivasi pembelajaran, tidak terdapat perbedaan signifikan nilai dimensi budaya dengan kelompok angkatan mahasiswa secara simultan, terdapat perbedaan signifikan antara dimensi budaya dengan kategori jenis kelamin secara simultan serta tidak terdapat perbedaan signifikan antara dimensi budaya dengan kelompok usia, etnis, kelompok daerah, kelompok lokasi dan kategori koneksi internet secara simultan.

This research aims to determine the relationship between individual cultural value with online learning stress level and motivation of active students of Industrial Engineering Gadjah Mada University. The research object is active students of Industrial Engineering Study Program Gadjah Mada University who have participated in online learning (class of 2017-2020). The research independent variables are Power Distance, Uncertainty Avoidance, Individualism vs Collectivism, Feminity vs Masculinity, and LongTerm vs Short Term Orientation. The research dependent variables are online learning stress and motivation. The instruments used are CVSCALE questionnaire, PSS questionnaire, MSQL questionnaire and SPSS software. The research stages consist of identifying problems, conducting literature study, making questionnaires, conducting pilot study, conducting questionnaires validity and reliability test, determining total samples, conducting data collection, determining analysis scenario, determining cultural dimensions, conducting normality test, conducting correlation test, conducting MANOVA prerequisite test, conducting MANOVA test, conducting Post MANOVA test, conducting analysis and discussion and making conclusions and recommendations. The research results showed that there is a significant correlation for two, three, and four dimension combination of basic culture with online learning stress level, there is a significant correlation for one and three dimension combination of basic culture with learning motivation type, there is no significant difference between cultural dimension value with students groups based on class simultaneously, there is a significant difference between cultural dimension with gender category simultaneously and there is no significant difference between cultural dimension with age group, ethnicity, regional groups, location group and internet connection category simultaneously.

Kata Kunci : Nilai Budaya, Stres Pembelajaran Daring, Motivasi Mahasiswa

  1. S1-2021-415168-abstract.pdf  
  2. S1-2021-415168-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-415168-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-415168-title.pdf