Laporkan Masalah

Perlindungan Hukum Konsumen PT Trinusa Travelindo Dalam Pengembalian Pembayaran Tiket Berupa Voucher Credit Akibat Pembatalan Perjalanan Karena Pandemi Covid-19

HUTAGALUNG, JODI H, Annisa Syaufika Yustisia Ridwan, S.H., M.Hum.

2021 | Skripsi | S1 HUKUM

Penulisan Hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perlindungan hukum yang dilakukan PT. Trinusa Travelindo (Traveloka) terhadap konsumen atas peristiwa pembatalan tiket pesawat melalui Traveloka akibat pandemik Covid-19 serta mengetahui dan menganalisis kesesuaian pengembalian pembelian uang tiket pesawat menggunakan Voucher Credit. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis dengan jenis penelitian yang digunakan ialah normatif empiris yang dilakukan melalui studi kepustakaan dengan menganalisis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang relevan dengan penelitian ini serta melalui studi lapangan dengan melakukan penelitian kuesioner terhadap responden yang memiliki pemahaman terhadap permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh dari studi kepustakaan dan lapangan dianalisis secara kualitatif untuk menjawab pokok permasalahan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terhadap pembatalan tiket pesawat akibat Covid-19, Traveloka telah menyediakan mekanisme perlindungan konsumen dengan upaya refund penerbangan, reschedule penerbangan, travel credit/travel voucher/credit voucher/credit shell, open ticket, pengubahan rute melalui Traveloka. Meskipun, pada pelaksanaannya konsumen memperoleh refund penerbangan atau pemberian travel credit/travel voucher/credit voucher/credit shell. Pemberian voucher credit sebagai bentuk kompensasi atas pembatalan penerbangan sah dilakukan selama belum ada aturan yang mengatur secara khusus.

This research aims to know and analyze the implementation of legal protection conducted by PT Trinusa Travelindo (Traveloka) to consumers for the cancellation of flight tickets through Traveloka due to the Covid-19 pandemic and know and analyze the suitability of refunds using "Credit Voucher". The type of research used is empirical normative conducted through literature studies by analyzing primary, secondary, and tertiary legal materials relevant to this study as well as through field studies by conducting questionnaire research on respondents who understand the problems in this study. The results of the research obtained from literature and field studies will be analyzed qualitatively to answer the subject matter. From the results of the research, it was concluded that regarding the cancellation of flight tickets due to COVID-19, Traveloka has provided a consumer protection mechanism with efforts to refund flights, reschedule flights, travel credit/travel vouchers/credit vouchers/credit shell, open ticket, reroute through Traveloka. However, in the implementation, consumers get flight refunds or travel credit/travel vouchers/credit vouchers/credit shells. The issuing of credit vouchers as a form of compensation for flight cancellations is not contrary to the existing rules.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Online Travel Agent, Voucher Credit