Laporkan Masalah

Dimensi sosiologis ekonomi garam di Kalimantan Barat

GORETI, Maria, Dr. J. Nasikun

2002 | Tesis | S2 Sosiologi

Salt is an important staple food for human being. According to Department of Human Resources Empowerment of Ministry of Health, every person needs a teaspoon of salt everyday as a resource of iodine. Beside, salt is also used as additive substance instrument at some small, middle and big processing industries. For the Dayak of West Kalimantan, satt has value of social, material and cultural function. There are 23 legal factories of salt operated in West Kalimantan Province. Seven of the factories joined into agroup named Asosiasi Pengusaha Garam Kalimantan Barat (APGKB) or Salt Industrialist Association of West Kalirnantan. The factories do not produce the salt. They only distribute the salt from Central and East Java to the consumers in the eight regencies and one municipality of West Kalimantan province, passing through the harbor of Pontianak. With the population of 3,6 millions, the consumption of salt in the province reaches 10.800 ton per year. Beside used for household consumption, a number of lO.(roo ton per year is needed for industries of processing. The Dayak community in West Kalimantan province neither takes pad at the salt industry as the owner of industry nor worker. Those of Madurese of ethnic background own the majority of salt factories here. One important person as pioneer and noted figure at the salt industry here is H. Muhammad Sulaiman establishes and serves chairman of APGKB up to 2006, and serves adviser of local Chamber of Commerce and Industry or W I N of West Kalimantan. He plays an important role at many key positions of economic at the province. Salt industry in West Kalimantan is a .promising business. merings high profit it gains every year, it attracts many people to join into the industry. Business competition then caused conflict among the elites. From ethnic background it seems that the conflict happened is conflict between ethnic groups, but actually it was the conflict between elites strunggling to get role in salt industry here. The conflict in this salt industry can be in the form of manifest and latent conflict

&lam sistem ekonomi, garam merupakan sembilan bahan pokok (Sembako) yang sangat penting bagi manusia yakni sebagai sumber iodium yang utama bagi tubuh. Garam diperlukan oleh setiap rumah tangga di seluruh Nusantara. Menurut Departemen Kesehatan SUBDIN Pengembangan Sumber Daya Manusia, setiap individu membutuhkan garam satu sendok teh sehari. Garam juga berfungsi sebagai aiat bantu pengolahan bagi industri baik industri kecil, sedang dan besar. Bagi rnasyarakat Dayak Kalbar garam memiliki nilai sosial, material dan kultu ral . Di Kalbar ada 23 pabrik garam yang legal. Kemudian ada 7 pabrik yang terhimpun kedalam Asosiasi Pengusaha Garam Kalbar (AFGKB). Pabrik itu tidak memproduksi garam tetapi menyalurkan garam yang didatangkan dari Jaw Tengah dan Jawa Timur kepada konsumen di 8 Kahpaten dan 1 Kotamadia melalui Pelabuhan Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Adapun kebutuhan konsumsi garam masyarakat Kalbar sebesar 1O.ooO todtahun dengan jumlah penduduk sebesar 3,6 juta jiwa. Sedangkan kebutuhan akan garam industri sebesar lO.OO0 tonhahun. Dari keseluruhan pabrik garam yang beroperasi di Kalbar, masyarakat Dayak belum banyak terlibat dalam kepemilikan maupun dalam tenaga kerja atau pegawai baik pegawai di tingkat menengah bahkan di tingkat bawah sekalipun belum banyak ambil bagian dalam kepengusahaan garam. Sebagian besar kepengusahaan garam dimiliki deh warga Madura, melalui pintu utamanya H. Muhammad Sulaiman. Beliau dikenal sebagai pengusaha garam dan pelayamn. Sutaiman juga salah seorang yang rnembidani lahirnya APGKB yang sekaligus menjadi keirranya, hingga 2006 menjadi penasehat, anggota KADIN Kalimantan Barat. Hampir Sernua posisi kunci perekonomian Kalbar ada dalam genggamannya Mengupayakan garam dari segi ekonomis ternyata cukup menggiurkan, milyaran rupiah keuntungan bisa didapatkan pedahunnya. Ini membuat banyak kelompok masyarakat yang tertarik berusaha dibidang serupa. Tarik menarik kepentingan menjadi ‘pertengkamn’ terbuka antar kelompok masyarakat di tingkat elite. Dari sisi &is, memang yang bertengkar adalah infern etnik, namun di sisi lain ‘pertengkaran’ ini bisa dilihat sebagai ‘pertengkaran’ di tingkat elite, antara m a kelo mpok yang memiliki kepentingan yang Sama yakni ingin berperan sert;r dalam kepengusahaan garam. Konflik bisa bersifat terbuka (manifest) maupun yang masih bersifat terpendam (laten).

Kata Kunci : Sosiologi Ekonomi,Konflik Antar Kelompok,Bisnis Garam


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.