PERANCANGAN USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE APLIKASI PENGINGAT DAN PEMANTAUAN MINUM OBAT PASIEN
ANNASTASYA FITRI A R, Muhammad Fakhrurrifqi, S.Kom., M.Cs.
2021 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem InformasiSalah satu kunci keberhasilan kesembuhan pasien penyakit kronis adalah kepatuhan dalam mengonsumsi obat. Salah satu metode untuk mengukur kepatuhan minum obat adalah dengan pelaporan diri pasien tentang jumlah obat dan bagaimana kebiasaan meminumnya serta dengan pemantauan pengobatan secara digital. Karena permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi berupa aplikasi pengingat minum obat berbasis mobile dimana pengguna dapat menerima alarm minum obat dan mengetahui detail obat secara otomatis melalui pemindaian kode QR pada resep obat yang diberikan oleh dokter. Kedua aplikasi tersebut terintegrasi melalui sebuah website pengelolaan data obat. Solusi tersebut diimplementasikan dalam perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) melalui pendekatan User Centered Design (UCD) untuk menciptakan aplikasi yang tepat guna dan memiliki kualitas antarmuka yang baik. Proses yang dilakukan pada perancangan ini melalui tahap empati dengan pertanyaan kuesioner dan wawancara mendalam, lalu dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan akhir fitur apa saja yang akan dikembangkan. Setelah tahap analisis adalah pembuatan desain antarmuka dimulai dengan pembuatan elemen sampai pembuatan prototipe. Hasil akhir dari rancangan ini adalah berupa prototipe yang sudah diujikan dan melalui tahap evaluasi secara iteratif menggunakan metode user testing dan System Usability Scale (SUS) dengan skor akhir aplikasi pengingat minum obat dan website pengelolaan data obat masing-masing sebesar 74.5 dan 77.5 sehingga dapat dimasukkan ke dalam kategori UX dan UI yang baik.
One of the keys to the successful recovery of chronic disease patients is compliance in taking medications. One method to measure medicine adherence is by self-reporting patients about the amount of the medicine and how to take it and by digital monitoring of the treatment. Because of these problems, the authors provide a solution in the form of a mobile-based drug reminder application where users can receive medication alarms and know the details of the medicine automatically through scanning the QR code on prescription medicines provided by the doctor. Both applications are integrated through a medicine data management Website. The solution is implemented in the design of User Interface (UI) and User Experience (UX) through User Centered Design (UCD) approach to create the right application and have good interface quality. The process carried out in this design through the empathy stage with questionnaire questions and in-depth interviews, then analyzed to produce the final conclusion of what features will be developed. After the analysis stage is the creation of interface design starts with the creation of elements until the creation of prototypes. The final result of this design is a prototype that has been tested and through the evaluation stage iteratively using user testing method and System Usability Scale (SUS) with the final score of medication reminder application and medicine data management website of 74.5 and 77.5 respectively so that it can be included in the category of good UX and UI.
Kata Kunci : antarmuka, user interface, user experience, user centered design, system usability scale, user testing, apoteker