Laporkan Masalah

Pola asuh orangtua :: Ditinjau dari penghayatan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis yang bernuansa pendidikan, jenis kelamin dan latar belakang pendidikan

CASMINI, Dr. Sartini Nuryoto

2002 | Tesis | S2 Psikologi

Tujuan penelitian ini adalah untulc mengetahui hubungan antara penghayatan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bemuansa pendidikan dengan pola asuh omngtua, mengetahui perbedaan pola asuh dithjau dad penghayatan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bernuansa pendidikan, mengetahui prbedaan pola asuh orangtua laki-laki dan perempuan dan mengetahui pola asuh orangtua yang berlatarbelakang pendidikan Sajana agama dan sarjana mum. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara penghayatan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bernuansa pendidikan dengan pola asuh orangtua, ada perbedaan pola asuh antara yang menghayati Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bemuansa pen&dikan sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah, ada perbedaan pola asuh omgtua laki-laki dan perempuan dan antara yang berlatarbelakang pendidikan sarjana agama dan mum, yang berlatarbelatcang pendidikan sarjana agama lebih baik pola asuhnya di bidang agama dibandingkan dengan yang berlatarbelakang pendidikan umum. Subyek penelitian berjumlah 120 orang, 70 laki-laki dan 50 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Angket pada penelitian ini terdiri dari dua, yaitu angket penghayatan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bernuansa pendidikan dan angket pola asuh orangtua. Angket penghayatan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bemuansa penddikan disusun berdasarkan acuan pendapatnya Bloom (1974), dan angket pola asuh disusun berdasarkan pendapatnya Hurlock (1973) yang lebih memfokuskan pa& pola asuh otoriter. Uji hpotesis 1 digunakan Product Moment , Uji hipotesis 2, 3 dan 4 digunakan uji-t. Hasil uji hipotesis 1, menunjukkan ada hubungan yang positif antara pola asuh orangfua dengan penghayatan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang bernuansa pendidikan baik keseluruhan maupun masing-masing aspek penghayatan, semakin tinggi penghayatan, maka semakin menanamkan agama. Hipotesis 2; ada perbedaan yang sangat signifikan pola asuh orangtua dengan penghayatan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis antara yang menghayati sangat tinggi, tinggi, sedmg dan rendah, hipotesk 3; ada perbedaan yang sangat signifikan pola asuh orangtua laki-laki dan perempuan, dan hipotesis 4; ada perbedaan poia asuh orangtua berlatarbelakang pendidikan sarjana agama dan berlatarbelakang pendidikan umum, yang agama lebih baik pola asuhnya.

This research aims at knowing the correlation between the Al-Qur’an Paragraphs (Ayat) and Hadis full religious experience in the educational nuance with the parent rearing patterns, knowing the differences of parent rearing pattern between those doing full religious experience in the paragraphs and Hadis in the educational nuance very high, high, medium and low, knowing the parent rearing pattern differences between male and female groups and knowing the parent rearing patterns between those with the religious and general bachelorateeducated backgrounds. The hypothesis of this research is that there is correlation between doing full religious experience in the Al-Qur’an paragraphs and Hadis in the educational nuance in the parent rearing pattern. There is a different on the parent rearing pattern with those doing the educational nuance Al-Qur’an paragraphs and Hadis very high, high, medium and low, there is a difference with the rearing pattern on male and female groups and those on the religious and general bachelorate-aducated backgrounds, for those with religious bachelorate-educated backgrounds are better in their rearing pattern in the religious field than those with the general bachelorate-educated background. The research subject amount 120 people, 70 males and 50 females. The data collecting method is used documantation, questionnaire and interview. The questionnaire in this research consists of two, that is, the questionnaire of doing full religious experience in the educational nuance Al-Qur’an paragraphs and Hadis and those of parent rearing pattern questionnaire. The questionnaire of doing full religious experience in the educational nuance Al-Qur’an paragraphs and Hadis is constructed based on Bloom’s (1974) opinion reference, and that of parent rearing pattern questionnaire is constructed based on Hurlock’s (1973) opinion. The hypothesis test using Product Moment analysis for testing hypotesis 1, testing hypotesis 2, hypotesis 3 and 4 are used t-test analysis, showing that the hypotesis 1 are proved, that there is correlation between parent rearing pattern in the educational nuance Al- Qur’an paragraphs and Hadis full religious experience is comprehensively good or based on the each aspect of understanding, the hypothesis 2; there are significant difference in the rearing pattern with that of Al-Qur’an paragraphs and Hadis full religious experience between those with very high, high, medium and low, the hypothesis 3; there is a very significant difference in the rearing pattern between males and females, the hypothesis 4; there is a difference with the rearing pattern in those with religious and general bachelorate-educated backgrounds, only those based on the religious one that shows better in rearing pattern.

Kata Kunci : Pola asuh, penghayatan, Al Qur'an dan Hadis, Parent Rearing Pattern, Al-Qur’an, Hadis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.