Laporkan Masalah

THE PROCESS OF MAKING CAPTION ON INSTAGRAM OF PIRANHA MULTI TALENTA BASED ON AIDA THEORY

FEPI JAYANTI, Agnes Siwi Purwaning Tyas, S.Pd., M.Hum

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas mengenai proses penulisan caption pada akun instagram @piranhamultitalenta, penulis menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) untuk mendukung penulisan caption. Penulis melaksanakan studi lapangan dan studi pustaka sebagai metode pengumpulan data. Studi lapangan yang merupakan observasi dan interview selama magang di Piranha Multi Talenta yang telah dilakukan penulis mulai dari 11 Januari 2021 hingga 31 Maret 2021. Data yang terkumpul kemudian dianalisa menggunakan metode kualitatif dimana penulis mendeskripsikan proses penulisan berdasarkan observasi selama magang. Piranha Multi Talenta merupakan lembanga yang bergerak dibidang pendidikan seperti kursus dan pelatihan perpajakan dan akuntansi. Piranha Multi Talenta menggunakan Instagram sebagai media sosial utama untuk berkomunikasi dan promosi melalui dua strategi konten yaitu konten hard selling dan konten soft selling. Dalam konten Instagram yang berupa video atau foto yang diposting dan terdapat caption sebagai deskripsi konten yang akan menjelaskan atau bisa sebagai penarik perhatian. Penulisan caption yang sesuai akan membuat konten menjadi lebih grabbing. Proses penulisan caption terbagai menjadi tiga bagian, yaitu pra-proses, proses utama, dan pasca-proses. Untuk pra-proses meliputi menerima draft konten dan brainstorming. Untuk proses utama, prosesnya adalah setelah mendapat draft konten kemudian memulai penulisan dengan mengikuti step dari teori AIDA yang terdiri dari empat tahap yaitu Attention, Interest, Desire dan Action. Sedangkan untuk pasca-proses meliputi penambahan hastag dan finalisasi caption dengan supervisor. Jika sudah difinalisasi oleh supervisor maka caption siap diposting sebagai deskripsi dari konten pada instagram Piranha Multi Talenta.

This final paper aims to discuss the process of writing captions on Instagram @piranhamultitalenta, the writer uses the AIDA (Attention, Interest, Desire and Action) theory to support caption writing. The writer conducted field studies and library studies as data collection methods. Field studies, which involved oservations and interviews during the internship at Piranha Multi Talenta, were carried out by the writer from January 11, 2021 to March 31, 2021. The collected data were analyzed using qualitative methods by describing the writing process based on observations during the internship. Piranha Multi Talenta is a company engaged in education such as courses and training in taxation and accounting. Piranha Multi Talenta uses Instagram as the main social media for communication and promotion through two content strategies, hard selling content and soft selling content. Instagram content, including videos or photos posted and captions as descriptions of content will explain or attract attention to the customers. Writing appropriate captions will make the content more grabbing. The process of writing a caption is divided into three parts, pre-process, main process, and post-process. Pre-processing includes receiving draft content and brainstorming. For the main process, after getting a draft of the content, the next step is writing a caption by following the steps from AIDA theory that have four stages Attention, Interest, Desire and Action. Meanwhile, post-processing includes adding hashtags and finalizing the caption with the supervisor. If the caption has been approved by the supervisor, the caption is ready to be posted as a description of the content on Piranha Multi Talenta's Instagram.

Kata Kunci : AIDA, Caption, Copywriting, and Piranha Multi Talenta.

  1. D3-2021-425805-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425805-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425805-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425805-title.pdf