Laporkan Masalah

PERANCANGAN DESAIN INTERFACE PADA APLIKASI PEMBELAJARAN RUANG BELAJAR REKAM MEDIS (RUBRIS) TERKAIT KODIFIKASI MORTALITAS

ALYANI HAZRINA T, Angga Eko Pramono, S.K.M., M.P.H.

2021 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Latar Belakang: Aplikasi-aplikasi pembelajaran untuk rekam medis masih memiliki beberapa kekurangan yang serupa, salah satunya adalah desain interface yang kurang efektif dan interaktif. Padahal desain interface cukup mempengaruhi proses penyampaian tujuan aplikasi kepada penggunanya. Hal tersebut membuat perancang tertarik untuk membuat rancangan desain interface aplikasi pembelajaran dalam bidang rekam medis yang lebih user-friendly. Tujuan: Merancang desain interface aplikasi pembelajaran bagi mahasiswa rekam medis dan informasi kesehatan bernama RUBRIS. Metode: Metode perancangan ini mengadopsi metode sistematis berurutan atau metode Waterfall. Proses yang dilakukan adalah penentuan analisis kebutuhan, membuat desain proses, membuat desain interface, penilaian, serta perbaikan produk. Perancangan ini juga menggunakan puoposive sampling untuk menentukan responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusinya. Perancang menentukan sebanyak 10 responden untuk keperluan analisis kebutuhan dan evaluasi desain. Hasil: Melalui kegiatan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, aplikasi RUBRIS membutuhkan fitur-fitur berupa ICD, kamus terminologi medis, materi pembelajaran, latihan soal, pembahasan soal, serta pemilihan warna dan peletakan objek yang tepat. Rancangan ini menghasilkan tiga buah diagram UML, yaitu use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Kemudian dihasilkan pula lima buah menu utama, yaitu Home, Materi, ICD, Terminologi medis, serta Akun pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi, desain interface yang dihasilkan sudah user-friendly, konsisten, dan menarik. Kesimpulan: Telah dihasilkan 25 mockup tampilan desain interface yang sesuai dengan analisis kebutuhan setelah melalui satu kali proses evaluasi. Saran yang dapat diberikan adalah pengembangan aplikasi RUBRIS pada penelitian berikutnya dengan tetap memperhatikan aspek pendukung desain interface. Kata Kunci: Desain interface, Aplikasi pembelajaran, User-friendly.

Background: Medical record learning applications still have some similar lacknesses, such as the lack of effectiveness and interactiveness of interface design. Whereas, interface design could influence the delivery process of the application's purposes. Those things made the designer interested to make a planning of learning applications interface design in the medical record sector that is more user-friendly. Objective: To design an interface design of a learning application named RUBRIS for medical record students. Methods: The method was Waterfall, a systematic and sequential system design method. The steps were needs analysis, process design, interface design, evaluation, and product improvement. This design planning also used purposive sampling to decide the respondents who matched the inclusion and exclusion criteria. The designer determined 10 respondents for needs analysis and evaluation process. Results: From the needs analysis, RUBRIS needs features such as ICD, medical terminology dictionary, learning materials, exercise, and exercise explanation, also the right color selection and object placement. The results are three of UML diagrams, namely use case diagram, activity diagram, and sequence diagram. Also, there are five main menus of the RUBRIS, namely Home, Theory, ICD, Medical terminology, and Profile account. According to the evaluation result, the interface design is already user-friendly, consistent, and interesting. Conclusion: The 25 interface design mockups have been made according to the needs analysis after going through the evaluation process once. RUBRIS development could be done in the future research by considering the support aspects of the interface design. Key words: Interface design, Learning application, User-friendly.

Kata Kunci : Desain interface, Aplikasi pembelajaran, User-friendly.

  1. D3-2021-426128-abstract.pdf  
  2. D3-2021-426128-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-426128-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-426128-title.pdf