Laporkan Masalah

SWOT ANALYSIS OF PROGRAM OF MUSEUM PENDIDIKAN INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA IN 2019

ANNISA RIDHO SAGETI, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi dan deskripsi mengenai profil Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta serta untuk menganalisis program-program yang terdapat pada MPI dengan metode Analisis SWOT. Dengan metode Analisis SWOT, pembaca diharapkan dapat memahami 4 faktor yang terdapat pada program- program yang ditawarkan oleh MPI. 4 faktor tersebut diantaranya adalah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Untuk metode pengumpulan data, penulis menggunakan dua metode yaitu studi lapangan dan studi pustaka. Untuk studi lapangan sendiri, penulis melakukan observasi lapangan secara langsung, mengambil dokumentasi dan dengan menggunakan tes wawancara kepada staf pekerja dan pengunjung untuk memperoleh data. Sedangkan studi pustaka, penulis melakukan penelitian dengan mencari referensi untuk memperoleh data dengan membaca buku dari perpustakaan, jurnal ilmiah, dan website. Setelah data terkumpul, penulis mengolah dan menganalisisnya dengan menggunakan metode Analisis SWOT. Kekuatan dari pelayanan program MPI yang diberikan adalah program yang ditawarkan sangat bermanfaat bagi pengunjung, pun dengan memiliki fasilitas menonton film di mini bioskop MPI menjadi nilai tambah karena museum yang lainnya jarang memiliki fasilitas tersebut. Kelemahan dari program MPI adalah program yang ditawarkan kurang dukungan yang lebih, hal ini terlihat dari kurangnya pekerja untuk membantu setiap program yang ditawarkan. Selain itu, MPI juga memiliki program yang menarik untuk dilaksanakan tetapi masih dalam tahap pengembangan, padahal jika hal ini dilaksanakan secara berkelanjutan, program ini menjadi peluang bagi MPI untuk menarik perhatian masyarakat untuk datang ke museum dan mengikuti program tersebut. Yang terakhir adalah ancaman, dengan minimnya pekerja dan program yang ditawarkan, hal ini menjadi ancaman bagi MPI mengingat jika destinasi wisata terutama museum di Yogyakarta ini sangat banyak saingannya.

This final project aims to provide information about the profile of the Indonesian Education Museum, Yogyakarta State University (MPI UNY) and to analyze the programs contained in MPI with the SWOT analysis method. With this SWOT Analysis, the reader can understand the 4 factors contained in the programs offered by MPI. The 4 factors include, Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats. For data collection methods, the writer uses two methods, there are field studies and literature studies. The field study itself, the authors conducting direct observations in the field, taking some pictures and interviewing the opinion response of staff workers and visitors to obtain the data. While the literature study, the author conducts research by finding references to obtain valid data by reading books from libraries and scientific journals. After the data is collected, the writer compiled and analyzed it by using SWOT Analysis. The strength of the MPI program services provided is that the program offered is very beneficial for visitors, especially with program watch a movie in the mini cinema, this program becomes the most profitable and other museums rarely have these facilities. The weakness of the MPI program is that the program that offered is lacking support, this can be seen from the lack of workers to help each program offered. In addition, MPI also has an interesting program to implement but it is still under development, but if this is carried out continuously, this program makes an opportunity for MPI to attract the attention of the public to come to the museum and participate in this program. And the last is a threat, with the lack of workers and programs offered, this is a threat to MPI considering that tourist destinations, especially museums in Yogyakarta, are very numerous.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Program, MPI

  1. D3-2021-400605-Abstract.pdf  
  2. D3-2021-400605-Tableofcontent.pdf  
  3. D3-2021-400605-Title.pdf  
  4. D3-2021-400805-Bibliography.pdf