Analisis Kapasitas dan Karakteristik Parkir Kendaraan Pribadi di Terminal Ir Soekarno Klaten
ANNISA AKBAR NUR C, Suwardo, S.T.,MT.,Ph.D.
2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILTerminal Ir Soekarno Klaten merupakan terminal Tipe A terbaik se-Jateng dan DIY yang terpilih sebagai salah satu perwakilan proyek percontohan rekayasa sosial dengan 16 terminal lainnya di Indonesia. Sehingga perubahan positif baik dalam hal pengelolaan dan peningkatan pelayanan harus dilakukan, salah satunya yaitu pada fasilitas parkir kendaraan pribadi. Saat ini belum ada kajian mengenai kapasitas dan karakteristik parkir kendaraan pribadi di Terminal Ir Soekarno sehingga tujuan penelitian untuk mengevaluasi kapasitas dan karakteristik parkir kendaraan pribadi yang ada. Data yang dibutuhkan meliputi data primer yang diperoleh dengan melakukan survei langsung dilapangan dalam waktu 3 hari dimulai pukul 13.30-16.30 WIB, sedangkan data sekunder diperoleh dari Satuan Pelayanan Terminal Ir Soekarno Klaten serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Dengan kapasitas (SRP) motor sebesar 153 dan mobil sebesar 15 petak, didapakan hasil akumulasi tertinggi parkir motor dan mobil berturut-turut sebesar 147 kendaraan dan 13 kendaraan, volume parkir kendaraan tertinggi sebesar 270 motor dan 53 mobil, tingkat pergantian parkir tertinggi kendaraan motor sebesar 1,76 dan mobil sebesar 3,53, rata-rata durasi parkir motor tertinggi yaitu 24,15 menit sedangkan mobil selama 12,42 menit, serta indeks parkir sebesar 96,09% motor dan 86% mobil.
Ir. Soekarno bus station is the best type A bus station in Central Java and DIY which was selected as representatives for a social engineering model project with 16 other bus station in Indonesia. So positive changes wise management and improved services would have to be made to include one of the private vehicle parking facilities. Recently there is no study of the capacity and characteristics of private vehicle parking in Ir Soekarno bus station, so the purpose of this study is to evaluate the capacity and characteristics of privat vehicle parking. The needed data include primary data obtained by a live survey of the field in three days begins at 13.30-16.30 pm. And secondary data was get from Satuan Pelayanan Bus Station Ir. soekarno with Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. With capacity (SRP) a motorbike of 153 and a car of 15 compartment, be calculated the result of the highest accumulation of parking the motorbike and car in a row a number of 147 and 13 vehicle, Highest volume of vehicle parking a total of 270 motors and 53 cars, the highest turnover of the motorbike in the parking lot is 1,76 and car is 3,53, the highest parking duration average motorbike is 24.15 minute and cars is 12.42 minute, And a parking index of 96.09% motorbikes and 86% cars.
Kata Kunci : Terminal, Karakteristik Parkir, Kapasitas Parkir, Volume Parkir/Bus Station, Parking Characteristics, Parking Capacity, Parking Volume