Laporkan Masalah

Peran Kecerdasan Emosional terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa yang Melakukan Pembelajaran Daring

ATIM RATNAWATI, Kurnia Yohana Yulianti, S.Psi., M.Sc

2021 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Pembelajaran daring dilakukan berkenaan dengan adanya pandemi COVID-19. Pada kenyataannya, pembelajaran daring tidak terlalu efektif karena mahasiswa banyak kewalahan dengan tugas, kesulitan berkomunikasi dengan teman atau dosen, dan kesulitan lainnya. Resiliensi akademik dibutuhkan oleh setiap mahasiswa untuk menghadapi kesulitan yang muncul selama pembelajaran daring. Kecerdasan emosional dianggap dapat berperan terhadap resiliensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan emosional terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Hipotesis pada penelitian ini yaitu kecerdasan emosional memiliki peran terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei. Partisipan dari penelitian ini sebanyak 451 mahasiswa. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berperan dalam memprediksi resiliensi akademik pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring.

Currently, online learning is conducted due to COVID-19 pandemic. Nevertheless, online learning is not effective because students are overwhelmed with too many tasks, ineffective communication with peers or lecturers, and other obstacles. Academic resilience is needed by students to face adversities as long as online learning is conducted. Emotional intelligence is considered as a factor that influence academic resilience. This study aimed to examine the role of emotional intelligence to academic resilience among undergraduate students who conduct online learning. The hypothesis of this research is that emotional intelligence had a role toward academic resilience among undergraduate students. This study used a quantitative approach by using questionnaires. Participants in this study were 451 undergraduate students. Using simple linear regression analysis, the result of this study stated that emotional intelligence predicted academic resilience among undergraduate students who conduct online learning.

Kata Kunci : kecerdasan emosional, pembelajaran daring, resiliensi akademik

  1. S1-2021-409689-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409689-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409689-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409689-title.pdf