Laporkan Masalah

Konstruksi dan Penilaian Kriteria Psikometris Skala Integritas Akademik Dosen

PRASETYO BUDI WIDODO, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA; Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd.; Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si.

2021 | Disertasi | DOKTOR ILMU PSIKOLOGI

Integritas akademik adalah kualitas individu-individu dalam lembaga pendidikan yang selalu diupayakan untuk menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Salah satu upaya yang dimaksud adalah melalui pengembangan instrumen ukur integritas akademik yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan skala integritas akademik dosen Indonesia yang mempunyai kriteria psikometris yang baik, meliputi reliabilitas dan validitas. Item yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan desain situational judgement test (SJT) yang terdiri dari sebuah skenario dan 4 opsi respon. Validasi isi dilakukan kepada indikator keperilakuan dan item yang disusun peneliti dengan batas nilai Aiken sebesar 0,8. Responden dalam penelitian ini sejumlah 847 orang dosen dengan perincian 201 responden pada instrumen ukur form A, 206 responden pada form B, 204 responden pada form C, dan 236 responden pada form D. Sebagai hasil akhir, skala integritas akademik dosen Indonesia yang terdiri dari 19 item mempunyai koefisien reliabilitas komposit yang dikomputasi menggunakan formula reliabilitas komposit McDonald sebesar 0,88 dengan indeks daya beda antara 0,276 - 0,531. Skala integritas akademik dosen yang dihasilkan dalam penelitian ini mempunyai 5 dimensi, dengan muatan faktor antara 0,436 - 0,577. Kelima dimensi dalam skala integritas akademik dosen Indonesia mempunyai koefisien reliabilitas konstruk yang baik. Pada dimensi berani jujur CR yang diperoleh sebesar 0,88, dimensi kepercayaan sebesar 0,81, dimensi tanggung jawab sebesar 0,59, dimensi etis sebesar 0,82, dan dimensi penghormatan sebesar 0,84. Skala integrias akademik dosen dengan 5 dimensi memenuhi bukti validitas konvergen (CR > 0,7 dan AVE > 0,5) dan validitas diskriminan.

Academic integrity is the quality of individuals in educational institutions that are always sought to improve over time. One of the intended efforts was the development of a quality in academic integrity gauge. This study aim to develop a scale of academic integrity for Indonesian lectures with good psychometric criteria, including reliability and validity. The items developed in this thesis use the design of situational judgement test (SJT) of a scenario and 4 response options. The validation of content is carried out to behavioral and item indicators designed by researchers with an Aiken value limit of 0.8. The respondents in this study compacted 847 lectures with details of 201 respondents on instrument measures form A, 206 on form B, 204 on form C, and 236 on form D. As a final result, the scale of the academic integrity of the 19 items of the Indonesian lectures has composite reliable coefficients that are comfixed using a McDonald's composite reliability formula of 0.88 with a different power index of 0.276-0.531. The academic integrity scale of the lectures produced in this thesis has 5 dimensions, with a factor load of 0.436-0.577. The five dimensions on the scale of Indonesian lecturer's academic integrity have good constructive reliable coefficients. In an honest dimension CR gained by 0.88, trust dimension by 0.81, responsibility dimension by 0.59, ethical dimension by 0.82, and dimension of respect by 0.84. The 5-dimensional academic integrity scale of the lectures meet the validity of conversions (CR > 0.7 and AVE > 0.5) and the validity of discrimination.

Kata Kunci : integritas akademik, dosen, pengembangan skala/academic integrity, lecturer, scale development

  1. S3-2021-390545-ABSTRACT.pdf  
  2. S3-2021-390545-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S3-2021-390545-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S3-2021-390545-TITLE.pdf