Laporkan Masalah

Self strip Regulated Learning dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru Selama Pembelajaran Daring Akibat COVID strip 19

SEPTIRIANA WULANDARI, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si.,Ph.D

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Mahasiswa baru Angkatan 2020 menghadapi perubahan suasana, kurikulum hingga metode pembelajaran menjadi daring. Penyesuaian akademik merujuk pada kemampuan pemelajar menangani tantangan pendidikan terutama pada perubahan situasi dan kondisi. Penyesuaian akademik dipengaruhi oleh faktor psikologis dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian akademik mahasiswa baru dengan pembelajaran daring melalui peranan regulasi diri dalam belajar dan dukungan teman sebaya. Alat pengumpulan data berupa kuesioner mengenai penyesuaian akademik oleh Baker & Siryk, Self-Regulated Strategies Scale (SRSS), dan skala dukungan teman sebaya. Penelitian ini melibatkan 236 mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring akibat COVID-19, dilakukan dengan metode kuantitatif, non-eksperimental. Menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran regulasi diri dalam belajar dan dukungan teman sebaya terhadap penyesuaian akademik mahasiswa baru selama pembelajaran daring dengan nilai p <0.001 (p<0,05) dan R2 sebesar 0.561, artinya regulasi diri dalam belajar dan dukungan teman sebaya secara bersamaan berperan sebesar 56% terhadap penyesuaian akademik mahasiswa baru selama pembelajaran daring.

Freshmen of 2020 face circumstances shifting, from curriculum to learning methods which become to be through online learning. Academic adjustment refers to the learner's ability to handle educational challenges, especially in situations and circumstances changing. Academic adjustment is affected by psychological and social factors. This study aimed to determine the academic adjustment of freshmen students to online learning through the role of self-regulated learning and peer support. The data collection instruments were in the form of questionnaires about academic adjustment from Baker and Siryk, Self-Regulated Strategies Scale (SRSS), and support scale of peer. This study involved 236 freshmen who did online learning due to COVID-19 and it has been done with non-experimental quantitative methods. The data collection techniques used purposive sampling with multiple linear regression data analysis technique. The result of this study showed that there was self-regulated learning and peer support to freshman' academic adjustment during online learning with score p <0.001 (p<0,05) and R2 of 0.561 which means that self-regulation in learning and peer support simultaneously contributed 56% to the academic adjustment of freshmen during online learning.

Kata Kunci : pembelajaran daring, penyesuaian akademik, self-regulated learning, dukungan teman sebaya