Laporkan Masalah

Pengaruh ayat-ayat Al-Quran terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi tes

HIDAYAH, Rifa, Dr. Toto Kuwato

2002 | Tesis | S2 Psikologi

Kecemasan menghadapi tes merupakan fenomena yang sering dialami oleh siswa. Sebagian besar siswa merasakan cemas saat menghadapi tes. Hipotesis penelitian ini adalah tayangan ayat-ayat al-Quran beserta terjemahannya, mendengarkan bacaan ayat-ayat suci al-Quran dan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran beserta terjemahannya tentang ketenangan jiwa dan ilmu dapat menurunkan kecemasan siswa dalam menghadapi tes. Subjek penelitian terdiri atas 80 siswa Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo yang terpilih secara random dan terbagi dalam dua kelompok secara random; 40 subjek sebagai kelompok kontrol dan 40 subjek sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan model control group pretest and posttest design. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Skala kecemasan menghadapi tes. Data yang dianalisis berupa skor kecemasan subjek sebelum dan setelah perlakuan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis variansi I jalur gabung I faktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebeltun diberi perlakuan kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak berbeda kecemasannya, dan sesudah diberikan perlakuan "tayangan ayat-ayat al-Quran dan terjemahannya, mendengarkan bacaan al-Quran, dan membaca ayat-ayat al-Quran beserta terjemahannya" menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rerata kelompok eksperimen mengalami penurunan skor kecemasan, yaitu rerata kecemasan kelompok eksperimen sebelum perlakuan 115.625 dan setelah perlakuan 96.200. Hasil wawancara terhadap beberapa subjek penelitian menunjukkan bahwa mereka merasakan manfaat tayangan ayat-ayat al-Quran dan terjemahannya, mendengarkan bacaaan ayat-ayat al-Quran serta merasakan manfaat dari membaca ayat-ayat al-Quran untuk mengurangi kecemasan dalam menghadapi tes sekaligus memberikan ketenangan jiwa. Hasil analisis secara keseluruhan membuktikan bahwa al-Quran mampu menurunkan kecemasan siswa dalam menghadapi tes.

Test anxiety is most common phenomenon of anxiety and experienced by most students. They feel anxious when they are taking a test. The purpose of this study was to investigate the effects of Quranic verses that given to minimize student's anxiety in test. The respondents of research were students of the Islamic senior high school of Al-Islam in Joresan Mlarak Ponorogo. This research design was pretest posttest control group design. The number of all respondents were 80, that divided into 2 groups randomly. Fourty respondents were in the experimental group "presented Quranic verses, listened to holy Quranic verses and read Quranic verses and all of them were given translations". Fourty respondents were in the control group. Material in this study were test anxiety scale. The subject's anxiety in test was measured before (pretest) and after (posttest) treatment. The quantitative data were analyzed by using one way anova mixed 1 factor. The result of this study showed that there was decrease in test anxiety of experimental group. Statistical analysis showed that the mean before treatment was 115.625 and after treatment was 96.200. The interview data showed that subjects felt the importance of the holy Quran. This research concluded that the Quranic verses had been useful to reduce student's anxiety in test.

Kata Kunci : Kecemasan,Tes,Ayat,ayat Al,Quran, Quranic verses, test anxiety, student


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.