PERUBAHAN SOLIDARITAS SOSIAL PASCA BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI PADA MASYARAKAT ACEH BESAR (KAJIAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DESA KAJHU)
CUT LUSI CHAIRUN N, Dr. Suharman, M.Si
2021 | Tesis | MAGISTER SOSIOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perubahan solidaritas sosial di Desa Kajhu Kabupaten Aceh Besar pasca bencana gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004 silam serta faktor-faktor penyebabnya. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori modal sosial yang meliputi trust, network dan norm. Penelitian ini dideksripsikan dalam empat fase waktu, yakni sebelum bencana, sesaat setelah bencana, pasca rehabilitasi dan rekonstruksi dan saat ini (2019-2020). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kajhu sebanyak 13 orang dengan pembagian 12 orang masyarakat lama dan satu orang masyarakat pendatang sebagai pembanding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan suatu bentuk perubahan solidaritas sosial pasca bencana gempa dan tsunami 2004 silam yang dijabarkan yakni pertama, pada fase sebelum bencana, keadaan solidaritas sosial masyarakat tinggi. Hal ini dilihat dari ikatan kepercayaan, jaringan sosial, serta nilai-nilai sosial yang kuat. Kedua, pada fase sesaat setelah bencana, keadaan berubah drastis, solidaritas hampir tidak terlihat, hal ini dikarenakan unsur masyarakat yang hampir tidak ada, di mana sebagian besar dari total jumlah penduduk hilang dan meninggal dunia saat bencana, sebagian lainnya memilih pindah ke kota lain sehingga hanya sebagian kecil yang tersisa. Ketiga, fase pasca rehabilitasi dan rekonstruksi yang merupakan fase paling krusial dalam hal solidaritas sosial, hal ini dilihat dari ikatan kepercayaan dan jaringan sosial yang lemah serta nilai-nilai sosial yang mulai memudar bahkan bergeser. Keempat, fase saat penelitian ini dilakukan (2019-2020) yakni 15 tahun pasca bencana gempa dan tsunami di mana solidaritas sosial perlahan kembali menguat. Hal ini terjadi atas keprihatinan tokoh masyarakat yaitu aparatur desa dan masyarakat itu sendiri sehingga muncul upaya-upaya tertentu untuk mengembalikan solidaritas sosial dalam masyarakat seperti memperbanyak kegiatan bersama seperti perayaan maulid nabi yang diadakan bergilir di hampir semua dusun di Desa Kajhu, perayaan tujuhbelasan dan lain sebagainya. Pada kondisi ini, ikatan kepercayaan dan jaringan sosial mulai kembali menguat meskipun tidak sama seperti sebelum bencana. Masyarakat asli (asoe lhok) dan pendatang mulai terbiasa hidup bersama sehingga terjadinya suatu komunikasi dan interaksi yang intens. Nilai-nilai sosial meski perlahan berubah namun tidak menyebabkan suatu persoalan besar yang mengikis rasa solidaritas sosial dalam masyarakat Desa Kajhu. Selain itu, adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut yakni pertama cash for work, sistem bantuan dengan donor driven, kepanikan sosial, perubahan penduduk, tingginya mobilitas eksternal masyarakat serta kemudahan askes teknologi dan informasi sehingga rasa ketergantungan antar sesama masyarakat mulai menurun.
This study aims to describe the form of change in social solidarity in Kajhu Village, Aceh Besar District after the earthquake and tsunami in Aceh in 2004, and the factors causing it. The theory used in this research is a social capital theory that includes trust, network, and norms. This research is described in four-time phases, namely before the disaster, immediately after the disaster, after rehabilitation and reconstruction and now (2019-2020). The method used in this research is qualitative with a descriptive approach. The informants in this study were the people of Kajhu Village as many as 13 people, with the division of 12 old people and one immigrant community comparison. The results of this study indicate a form of change in social solidarity after the 2004 earthquake and tsunami disaster, namely first, in the pre-disaster phase, the state of social solidarity in the community was high. This can be seen from the bonds of trust, social networks, and strong social values. Second, in the phase immediately after the disaster, circumstances changed drastically, solidarity was almost imperceptible, this was due to the almost non-existent elements of society, where most of the total population disappeared and died during the disaster, others chose to move to other cities so only a small portion remains. Third, the post-rehabilitation and reconstruction phase, which is the most crucial phase in terms of social solidarity, can be seen from the weak ties of trust and social networks and social values that begin to fade and even shift. Fourth, the phase when this research was carried out (2019-2020), which is 15 years after the earthquake and tsunami disaster, where social solidarity has slowly strengthened again. This happened because of the concerns of community leaders, namely the village apparatus and the community itself so that certain efforts emerged to restore social solidarity in society such as increasing joint activities such as the celebration of the Prophet's birthday which was held alternately in almost all hamlets in Kajhu Village, independence day celebrations and so on. In this condition, the bonds of trust and social networks begin to strengthen again, although not the same as before the disaster. The indigenous people (asoe-lhok) and newcomers began to get used to living together, resulting in intense communication and interaction. Social values, although slowly changing, do not cause a big problem that erodes the sense of social solidarity in the Kajhu Village community. Also, the factors that led to these changes were cash for work, donor-driven assistance systems, social panic, population changes, high external mobility of the community, and the ease of access to technology and information so that the sense of dependence among people began to decline.
Kata Kunci : Perubahan Sosial, Solidaritas Sosial, Modal Sosial, Bencana