Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi pemerintah :: Studi penelitian di Kantor Reginal I BKN Yogyakarta
TAMPUBOLON, Nanda MD, Dr. Yeremias T. Keban
2002 | Tesis | S2 Administrasi NegaraKantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta sebagai fungsi pelayanan masyarakat khususnya PNS di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam kenyataannya kinerjanya masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja organisasi pemerintah ini. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah budaya organisasi dan struktur organisasi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap kinerja Kanreg I BKN Yogyakarta dan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan struktur organisasi terhadap kinerja Kanreg I BKN Yogyakarta. Untuk mewujudkan tujuan penelitian, data dan informasi yang dibutuhkan dan dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara mendalam pada key informan, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif analisis. Kuesioner diberikan kepada para pegawai sejumlah 37 orang dengan kriteria golongan II dan III dan diambi I secara acak dan 20 orang pengguna jasa untuk mengetahui penilaian kualitas pelayanan instansi ini. Data hasil jawaban dari pegawai dan pengguna jasa disilangkan dengan data key informan dan hasil pengamatan penulis, ini dengan tujuan untuk menjaga obyektifitas dalam penilaian dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas Kanreg I BKN Yogyakarta tinggi, tetapi kualitas pelayanan masih bersifat subyektif Budaya organisasi yang dianut oleh para pegawai masih bersifat parokial, namun ada beberapa pegawai bekerja secara efisien orientasi atasan bersifat subyektif dalam mengambil keputusan sehingga udara senioritas terasa kuat, Penerapan norma-norma disesuaikan dengan keadaan dan tuntutan situasi, namun demikian pada garis besarnya secara formal bersifat birokratis. Sedangkan struktur organisasinya adalah mekanistik, dimana kontrol, peraturan dan pembagian kerja dilakukan oleh manajemen puncak, teknik manajemen secara sentralistik, terjadi ketidak seimbangan distribusi personalia dan volume pekerjaan. Walaupun demikian. pada waktu-waktu tertentu apabila volume pekerjaan menumpuk, maka pekerjaari ini akan diselesaikan secara "kroyokan", sehingga berpengaruh terhadap tingginyi kinerja Kanreg tersebut. Rekomendasi yang diberikan adalah pemendekan jalur birokrasi hanya sampai di BKD dan adanya pemahaman pada para pegawai bahwa kualitas pelayanan sangat diperlukan bagi kepuasan pengguna jasa. Dan ditemukannya faktor pendidikan yang diperkirakan dapat berpengaruh terhadap kinerja Kanreg I BKN Yogyakarta.
In fact, the Regional Office I of Governmental Officialdom Council of Yogyakarta as a function in serving people especially for civil servant at Yogyakarta and Central Java has performance in low rate. There are some factors that influence its low rate performance. Factors which are needed to be considered are culture organization and structure of organization. For that reason, the purpose of the research were to study the factors that influence the performance of Kanreg I BKN Yogyakarta and to study the influence of the low rate of culture of organization and structure of organization to the performance of Kanreg I BKN Yogyakarta. In reaching the purpose of this research, the data and information which were needed, were taken from distribution of questionnaire, detailed interview to the key informant, observation and documentation. Then the data was analysed by descriptive analysis. The questionnaire was given randomly to 37 employees whose criterion are from 2" and 3'1 level and 20 employees who are the user of service. It was done in order to study qualitative evaluation of the institution's service. The data which was taken from the employees and users of service was crossed to key informant and she writer's observation it was done to keep the objectivity in evaluation and analysis. The result of this research shows that the performance of Kanreg I BKN of Yogyakarta is in high rate, but the quality of service is still objective. Culture of organization which is considered by the employees is still parochial, even though there are some employees who work efficiently. Senior employees have subjective orientation in making decision. So that the seniority is felt strongly. The application of norm is suitable with the condition and allowed situation, but basically it is bureaucratic in formality and the structure is mechanical that control, rule and job distribution are done by peak management, managerial technique is done centrally, unbalance of personnel distribution and job volume happened. However sometimes when the volume of job is full, the job will be done together. It influences in the high rate of performance of Kanreg I BKN Yogyakarta. The writers assume that to shorten the strip of bureaucracy only in BKD, understanding of employee that the quality of service is needed to make the users of service feel satisfied and educational factor can influence the performance of Kanreg I BKN Yogyakarta.
Kata Kunci : Kinerja Organisasi Pemerintah,Kantor Regional I BKN Yogyakarta