Dukungan Sosial Keluarga sebagai Moderator Peran Efikasi Diri Akademik terhadap Student Engagement Siswa SMA/Sederajat pada Pembelajaran Jarak Jauh
AR-RUUM AKHIRA R, Dr. Budi Andayani, MA
2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIStudent engagement adalah adalah salah satu faktor keberhasilan dan kegagalan siswa di sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek moderasi dukungan sosial keluarga terhadap peran efikasi diri akademik dan student engagement. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA/Sederajat kelas X, XI, XII yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala student engagement, skala efikasi diri akademik, dan skala dukungan sosial. Responden penelitian ini ada 180 siswa SMA/Sederajat di Kota Bandar Lampung yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh. Hasil analisis regresi berganda pada penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial keluarga memoderasi peran efikasi diri akademik dan student engagement pada siswa SMA/Sederajat yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh. Dukungan sosial kelaurga yang tinggi melemahkan peran efikasi diri akademik terhadap student engagement, sedangkan dukungan sosial keluarga yang rendah menguatkan peran efikasi diri akademik terhadap student engagemnet.
Student engagement is one of the factors that make students succeed or failed in school. The purpose of the study was to examine the roles of academic self-efficacy to student engagement moderated by family social support in senior high school student who was doing distance learning. The subjects were senior high school students in grade X, XI ,XII who was doing distance learning during the pandemic. The instrument used in the recent study were family social support scale, self-efficacy scale, and student engagement scale. Data were collected from 180 high school students in Bandar Lampung. The result of the multiple regression analysis confirmed that family social support can buffer the role of academic self-efficacy and student engagement. High family social support weakens the role of academic self-efficacy to student engagement, while low family social support strengthens the role of academic self-efficacy to student engagement.
Kata Kunci : efikasi diri akademik, dukungan sosial keluarga, keterlibatan siswa, pembelajaran jarak jauh