IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan di Kelurahan Guntung)
Faridah Rachmawati Nadhirah, Haryanto, Prof. Dr., M. A.
2021 | Skripsi | S1 POLITIK DAN PEMERINTAHANTingginya angka putus sekolah merupakan masalah bagi kebanyakan kota di Indonesia, tak terkecuali dengan Kota Bontang. Angka putus sekolah yang tinggi merupakan salah satu faktor yang mendorong meningkatnya angka kemiskinan. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya manusia, PT Pupuk Kaltim membuat kebijakan Program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi kebijakan Program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan di Kota Bontang khususnya Kelurahan Guntung. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena studi mengenai implementasi kebijakan ini belum banyak dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metodologi studi kasus. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentari. Penelitian ini menggunakan teori implementasi milik Marilee S. Grindle, dimana proses implementasi kebijakan publik diukur dari tercapai atau tidaknya tujuan yang ingin diraih. Dinamika proses implementasi menurut Grindle melibatkan dua variabel, yaitu content of policy dan context of implementation. Content of policy merujuk pada substansi kebijakan tersebut, sedangkan context of implementation merupakan representasi dari lingkungan kebijakan publik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi kebijakan berjalan dengan baik. Dilihat dari kontek kebijakannya, peran CSR Pupuk Kaltim cukup dominan. Hal ini terlihat dari peran CSR Pupuk Kaltim sebagai pembuat dan pelaksana kebijakan. Dalam implementasinya, CSR Pupuk Kaltim berhasil menggandeng masyarakat sehingga masyarakat merespon kebijakan tersebut dengan baik. CSR Pupuk Kaltim memahami pentingnya strategi yang digunakan ketika berhadapan dengan masyarakat, sehingga tidak ada hambatan yang berarti pada implementasi kebijakan. Jadi secara keseluruhan implementasi kebijakan publik ini dapat dikatakan berhasil.
High droupout rate due to expensive education fee is a problem for most cities in Indonesia, including Bontang City in East Kalimantan. This rate could cause the rise of poverty rate. In order to solve this matter, improve peoples welfare, and the quality of human resources, PT Pupuk Kaltim made the policy called Kaltim Pupuk Peduli Pendidikan Scholarship Program. This research aims to see how the policy implementatuin of Kaltim Pupuk Peduli Pendidikan Scholarship Program cares for education in Bontang City, especially in Guntung Village. The study of policy implementation has not been done much, therefore, this research is quite interesting to be learnt further. This is a descriptive qualitative research using case study methodology. The data sources come from primary and secondary data obtained through observations, interviews, and documents related to the topic. This research uses Marilee S. Grindles theory of implementation, in which the success of public policy implementation is measured by the success of the policys objectives. According to Grindle, the dynamics of the implementation process involves tho variables, content of policy and context of implementation. Content of policy refers to the substance of the policy, while the context of implementation refers to a representation of the public policy environment. The result show that the implementation of the policy made by PT Pupuk Kaltim went well. This could be seen from how Pupuk Kaltim CSR active and dominant role as a policymaker and implementer. In the implementation process, Pupuk Kaltim CSR managed to work with the community so that the community responded well to the policy. Pupuk Kaltim CSR also understands the importance of using the strategy to deal with the community, so there are no obstacles to policy implementation. Overall, the implementation of this public policy was successful.
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan Publik, Content of Policy, Context of Implementation, Program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan, implementation, public policy, content of policy, context of implementation, Kaltim Pupuk Peduli Pendidikan