Laporkan Masalah

Sistem Informasi Manajemen Kelas Proyek Berbasis Web

ELANG BAYU AJI H, Wahyono, S.Kom., Ph.D

2021 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Kelas Proyek merupakan salah satu mata kuliah praktikum dalam program studi Komputer dan Sistem Informasi. Dalam program studi kelas proyek mahasiswa diberi tugas untuk membangun suatu sistem secara berkelompok. Kegiatan praktikum dalam mata kuliah kelas proyek dimulai dari pembentukan kelompok dan pemilihan judul proyek untuk kelompok. Ketika aktivitas pembangunan proyek sudah berlangsung mahasiswa harus mengirim laporan mingguan kepada dosen pembimbing kelompok. Karena aktivitas pembentukan kelompok dan pemilihan judul proyek masih dilakukan secara manual, membuat aktivitas perkuliahan menjadi kurang efektif sehingga sering terbuangnya waktu hanya untuk melakukan kedua aktivitas tersebut. Selain itu, pengiriman laporan kepada dosen pembimbing juga masih dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Melihat dari permasalahan tersebut, maka dibangun sebuah sistem informasi untuk memanajemeni aktivitas perkuliahan kelas proyek. Diharapkan dengan adanya sistem informasi yang dibangun akan mengefektifkan aktivitas kelas proyek dan memudahkan aktivitas perkuliahan untuk para pengguna. Sistem ini memiliki beberapa fitur untuk setiap pengguna yang ada. Mahasiswa dapat melakukan pembentukan kelompok, memilih atau mengusulkan judul proyek, dan membuat laporan proyek dalam sistem. Dosen dapat melihat data kelompok bimbingan beserta laporan proyek, dan admin yang dapat mengelola data master sistem. Selain mengelola data master sistem, admin juga dapat memilihkan judul proyek dan dosen pembimbing kelompok, dan menerima atau menolak suatu usulan mahasiswa.

"Project Class" is one of the practicum courses in the Computer and Information Systems study program. In the "project class" courses students are given task to build a system in groups. Practical activities in "project class" courses start from forming a group and selecting project titles for the group. When project development activities started, students must send weekly reports to the group supervisor. Because of the group forming activities and the selection of project titles for each group are still carried out manually, it makes the lecture activities became less effective and consuming more time to only doing these two activities. In addition, sending reports to supervisors is still being done via the WhatsApp application. Seeing these problems, an information system was built to manage "project class" lecture activities. It is hoped that the information system built will make the project class activities become more effective and easier for the users. This system has several features for every existing user. Students can form groups, select or propose project titles, and create project reports in the system. Lecturers can view groups data along with project reports, and admins can manage system master data. Apart from managing the master system data, the admin can also choose the project title and the group supervisor for groups, and accept or reject a student's proposal.

Kata Kunci : kelas, proyek, manajemen

  1. D3-2021-416344-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416344-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416344-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416344-title.pdf