STRATEGI PEMENANGAN OBED KRESNA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA UNIVERSITAS GADJAH MADA TAHUN 2017
Romatua Hasibuan, DR. Abdul Gaffar Karim, S.IP, M.A.
2021 | Skripsi | S1 POLITIK DAN PEMERINTAHANSkripsi ini disusun dengan tujuan memahami strategi marketing politik dan media baru dalam kontestasi pemilwa Universitas Gadjah Mada 2017. Penulisan skripsi ini membahas bagaimana Obed Kresna berhasil terpilih sebagai presiden mahasiswa dalam Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) UGM yang selama ini selalu dimenangi Partai Bunderan. Fenomena ini kemudian membuat penulis ingin meneliti strategi apa yang dilakukan oleh Obed Kresna dan tim pemenangannya melawan tren politik lama. Penulis menggunakan konsep marketing politik yang disusun Firmanzah yang menjelaskan bahwa strategi marketing politik yang efektif adalah memperhatikan setiap aspek seperti menjadikan pemilih sebagai subyek, bukan dijadikan sebagai obyek partai politik. Menjadikan permasalahan yang dihadapi pemilih sebagai langkah awal dalam menyusun program kerja yang ditawarkan dengan bingkai ideologi masing masing partai. Menyediakan alat untuk menjaga hubungan dengan pemilih. Tentu dengan konsep ini memiliki keterkaitan dengan penelitian yang dilakukan terhadap strategi Obed. Selain strategi marketing politik penulis juga menggunakan konsep teori media baru dalam membantu mengalisis kampanye Obed. Antony Mayfield menjelaskan bahwa dalam media sosial sendiri memiliki beberapa karakter yang harus dipahami seperti Participation, Openness, Conversation, Community and Connectedness. Analisa ini akan menunjukkan pemanfaatan atas karakteristik terhadap data diatas dari media sosial sebagai strategi pemenangan Obed Kresna. Peran media yang digunakan oleh Obed Kresna dan timnya mendapatkan sebuah perhatian yang luar biasa dari pemilih.
This thesis was prepared with the aim of understanding political marketing strategies and new media in the contestation of Gadjah Mada University 2017. This thesis discusses how Obed Kresna was successfully elected as student president in the UGM Pemilwa (Student General Election) which has always been won by the Bunderan Party. This phenomenon then makes the writer want to research what strategies Obed Kresna and his team did against the old political trend. The author uses the concept of political marketing compiled by Firmanzah which explains that an effective political marketing strategy is to pay attention to every aspect such as making voters the subject, not being the object of a political party. Making the problems faced by voters a first step in compiling a work program offered with the ideological frame of each party. Provides tools for maintaining relations with voters. Of course, this concept is related to research conducted on the Obed strategy. In addition to the political marketing strategy, the writer also uses the concept of new media theory to help analyze Obed's campaign. Antony Mayfield explained that social media itself has several characters that must be understood, such as Participation, Openness, Conversation, Community and Connectedness. This analysis will show the use of the characteristics of the above data from social media as a winning strategy for Obed Kresna. The role of media used by Obed Kresna and his team received tremendous attention from voters.
Kata Kunci : Marketing politik, media baru, partisipasi, dan politik kampus.