KONSEP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT SUN TZU
ANTONI TANTAMA PUTRA, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M.
2020 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian mengenai konsep tanggung jawab sosial perusahaan dalam perspektif filsafat Sun Tzu dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk menggali lebih lanjut nilai-nilai tanggung jawab sosial perusahaan dalam perspektif Sun Tzu. Penelitian ini dilakukan untuk mencari strategi tanggung jawab sosial perusahaan yang sederhana, cocok digunakan oleh banyak perusahaan, serta relevan hingga beberapa dekade mendatang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan menggunakan metode kajian kepustakaan untuk menjawab permasalahan aktual. Bahan penelitian berupa buku, jurnal, tulisan artikel, dan transkrip yang berkaitan dengan penelitian. Jalan penelitian dikelompokkan menjadi beberapa tahap yakni tahap pengumpulan data, inventarisasi, mengelola data, interpretasi data dan tahap penyempurnaan. Analisis data menggunakan metode kualitatif : deskripsi, koherensi, holistika, dan idealisasi. Hasil penelitian ini adalah konsep tanggung jawab sosial perusahaan dalam perspektif filsafat Sun Tzu berfokus kepada pemberdayaan dan penyejahteraan komponen internal perusahaan. Strategi tersebut bisa dilihat dari cara Sun Tzu memberikan perhatian khusus terhadap tentaranya. Stakeholders seperti pemegang saham juga menjadi komponen yang penting dalam konsep ini, oleh karena itu pendekatan pada konsep tanggung jawab sosial perusahaan dalam perspektif Sun Tzu serupa dengan stakeholder approach. Pengaplikasian strategi ini lebih ekonomis dan mendorong efisiensi, sehingga tidak memerlukan dana yang besar dan bisa dijalankan oleh perusahaan kecil.
Research on the concept of corporate social responsibility in the perspective of Sun Tzu's philosophy was motivated by researchers to dig up the values of corporate social responsibility in Sun Tzu's perspective. This research was conducted to find a corporate social responsibility strategy that was simple, suitable for use by many companies, and relevant for the next few decades. This research is qualitative research and uses literature review methods to answer actual problems. Research materials are from books, journals, written articles and transcripts related to research. The research path is grouped into several stages there are the data stage, data inventory, data interpretation and improvement stages. The data analysis is using qualitative methods: Description, Coherence, Holistic, and Idealization. The result of this research is that Sun Tzu's concept of corporate social responsibility is based on empowerment and welfare of the company's internal components. This strategy can be seen from the way Sun Tzu pays special attention to his soldiers. Stakeholders such as shareholders are also an important component of this concept, therefore the approach to Sun Tzu's social responsibility concept is similar to that of stakeholders. The application of this strategy is more economical and encourages efficiency, so it does not require large funds and can be run by small companies.
Kata Kunci : tanggung jawab sosial perusahaan, Sun Tzu, Etika Bisnis, Filsafat