Laporkan Masalah

Efektivitas Video Animasi Edukasi Menyikat Gigi terhadap Tingkat Pengetahuan Cara Menyikat Gigi pada Anak Usia 8-9 Tahun (Kajian di SDN Pelem 1 Pare)

SHERLA AGUSTINA, Prof. Dr. drg. Regina TC. Tandelilin, M.Sc. , Leny Pratiwi Arie Sandy, S.Kp.G., MD.Sc.

2020 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

Pengetahuan cara menyikat gigi yang baik dan benar perlu diberikan pada anak sejak dini agar terhindar dari penyakit gigi dan mulut yang disampaikan melalui penyuluhan. Pemilihan media dalam penyuluhan dapat menunjang keberhasilan penyampaian pesan. Media audiovisual merupakan penggabungan media audio dan media visual yang dapat menimbulkan komunikasi dua arah dalam proses belajar mengajar seperti video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas video animasi edukasi menyikat gigi terhadap tingkat pengetahuan cara menyikat gigi anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar Negeri Pelem 1 Pare Kediri. Subjek penelitian ini sebanyak 31 anak yang diperoleh menggunakan metode total sampling pada siswa kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri Pelem 1 Pare Kediri tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diberikan secara online melalui google form dengan jenis rancangan pretest posttest. Pretest dilakukan pada hari ke-1. Subjek diberikan intervensi berupa video animasi yang diberikan selama 3 hari, yaitu hari ke-2, hari ke-3, dan hari ke4. Posttest dilakukan pada hari ke-9. Hasil dari data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan bahwa video animasi edukasi menyikat gigi dapat meningkatkan pengetahuan cara menyikat gigi dengan nilai sebesar 2,16 pada anak usia 8-9 tahun. 83,9% subjek penelitian menjadi kategori baik setelah menerima penyuluhan menggunakan media video animasi edukasi menyikat gigi. Kesimpulan penelitian ini adalah efek penggunaan media video animasi edukasi menyikat gigi cenderung meningkatkan pengetahuan cara menyikat gigi pada anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar Negeri Pelem 1 Pare Kediri. Kata Kunci: Video animasi, pengetahuan, menyikat gigi

Knowledge about how to brush teeth properly and correctly needs to be given to children from an early age to avoid dental and oral diseases that are delivered through health education. Choosing media in health education is able to support the success of delivering messages. Audiovisual media is a combination of audio and visual media that can lead to two-way communication in the teaching and learning process such as animation video. The purpose of this study was to find out the effectiveness of the educational animated video on tooth brushing technique on the level of tooth brushing knowledge for the children aged 8-9 years at Pelem 1 State Elementary School Pare Kediri. The subject of this study was 31 children obtained by total sampling method at Class IIIA students of Pelem 1 State Elementary School in Pare Kediri without a control group. This study used an online questionnaire via google form with a pretest-posttest design. The pretest was conducted on day 1. The subjects were given the intervention of animated videos which were given for 3 days, on day 2, day 3, and day 4. The posttest was conducted on day 9. The results of the data were analyzed using descriptive statistical analysis. The statistical descriptive analysis result showed that the educational animated video on tooth brushing technique could increase knowledge of how to brush teeth with the value of 2.16 in 8-9 years old children. 83.9% of the research subjects becomes a good category after receiving an education using an educational animated video on tooth brushing technique. The conclusion of this study is the effect of using educational animated video on tooth brushing technique has a tendency to increase knowledge of how to brush teeth of 8-9 years old children at Pelem 1 State Elementary School Pare Kediri. Keywords: Animated video, knowledge, brushing teeth

Kata Kunci : Video animasi, pengetahuan, menyikat gigi

  1. S1-2020-398056-abstract.pdf  
  2. S1-2020-398056-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-398056-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-398056-title.pdf