Laporkan Masalah

Social Media Management Done By Kompas.com To Attract Site Visitor

ASYIFA NINDA RAYYANA, Agnes Siwi Purwaning Tyas, S.Pd., M.Hum

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui manajemen media social yang dilakukan oleh tim social media di Kompas.com untuk menarik pengunjung situs Kompas.com. Metode yang penulis gunakan untuk mendapatkan data-data adalah dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan studi perpustakaan. Observasi lapangan dilaksanakan dengan pengamatan dan mengerjakan langsung pada program magang di Kompas.com Solo dari 20 Januari 2020 hingga Maret 2020. Melaksanakan wawancara dengan Media Sosial Supervisor dan Media Sosial Spesialis dari Kompas.com. Studi perpustakaan online dilakukan dengan membaca berbagai jurnal, buku elektronik dan artikel. Hasil membuktikan bahwa Kompas.com sudah memaksimalkan penggunaan setiap fitur di setiap media sosial yang dimiliki. Manajemen media sosial terdiri dari perencanaan konten, pembuatan konten, proses edit dan pengunggahan konten. Kompas.com membuat konten yang berbeda untuk setiap smedia sosial, seperti pada Instagram Kompas.com memaksimalkan penggunaan fitur fitur seperti pos instagram, instagram cerita dan IGTV, hal yang sama juga dilakukan untuk konten video YouTube, konten di Twitter dan konten di Facebook. Strategi untuk manajemen media sosial oleh Kompas.com menjadi bagian besar dalam menarik pengunjung situs berita Kompas.com. Data dari Alexa menunjukkan total pengunjung Kompas.co pada Januari 2020 hingga Maret 2020 mencapai 160M pengunjung. Data dari SimilarWeb menunjukkan trafik pengunjung situs berita Kompas.com dari media sosial mencapai 7.53%. Oleh karena itu, menejemen media sosial yang dilakukan oleh tim sosial media Kompas.com penting untuk menarik pengunjung situs berita Kompas.com.

This graduating paper intends to discuss the social media management done by Social Media Team of Kompas.com to attract site visitor. The methods of collecting data were field study, interview and library study. The field study was taken from direct observation during internship program in Kompas.com Solo from January, 20 until March, 20 2020. The interview were conducted with Social Media Superintendent and Social Media Specialists of Kompas.com. As library study, the writer read some journals, electronic books, and articles. The result shows that Kompas.com already maximize the use of every feature in each of their social media account. The social media management contains of content planning, content making, editing, and content uploading. Kompas.com creates different content for different social media platform, such as for Instagram Kompas.com optimizes the feature of Instagram feed, story, and IGTV, same goes as video content for Youtube, content for Twitter and content for Facebook. The strategy in managing the social media of Kompas.com takes a big part in gaining the site visitor or website of Kompas.com. Data from Alexa shows that total visits to Kompas.com reached 160M visitors since January until March 2020. The data from SimilarWeb shows that the traffic of site visitor from social media on January until March 2020 media reach 7.53%. Therefore, the social media management by Social Media Team of Kompas.com becoming important in attracting site visitor and impression from the audience.

Kata Kunci : Kompas.com, Social Media, Online Media, Content, News Site.

  1. D3-2021-415416-abstract.pdf  
  2. D3-2021-415416-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-415416-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-415416-title.pdf