Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Online (Gojek) Di Kota Magelang
ANNISA NABILA SILMI, Rr. Fosa Sarassina, S.E., M.B.A, Ph.D
2021 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan angkutan online Gojek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi ojek online Gojek di Kota Magelang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 96 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelanggan jasa transportasi online Gojek di Kota Magelang. (2) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelanggan jasa transportasi online Gojek di Kota Magelang. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen jasa ojek online Gojek di Kota Magelang.
This study aims to determine (1) the effect of service quality on customer satisfaction, (2) the effect of price on customer satisfaction, (3) the effect of service quality and price on customer satisfaction of Gojek online transportation. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression. The population in this study were users of the Gojek online motorcycle taxi application in Magelang City. Samples were taken using purposive sampling technique with a sample size of 96 people. The data was collected by distributing questionnaires and processed using SPSS. The results of this study indicate that: (1) Service quality variables have a positive and significant effect on customers of Gojek online transportation services in Magelang City. (2) The price variable has a positive and significant effect on customers of Gojek online transportation services in Magelang City. (3) There is a positive and significant influence on service quality and price variables simultaneously on customer satisfaction of Gojek online motorcycle taxi services in Magelang City.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Gojek