Laporkan Masalah

PENGARUH PENGALAMAN VOLUNTEER PROGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA D3 BAHASA KOREA SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS GADJAH MADA

INDIRA KINTAN TITANA, Th. A. Rencidiptya G.F., S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini berjudul "Pengaruh Pengalaman Volunteer Program terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa D3 Bahasa Korea Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada." Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengalaman volunteer program bersama penutur asli terhadap kemampuan berbicara mahasiswa DIII Bahasa Korea Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami responden dalam berbicara menggunakan Bahasa Korea serta bagaimana mereka meningkatkan kemampuannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka dalam penyusunan landasan teori dan deskriptif kuantitatif yang disajikan berdasarkan data kuesioner yang telah diisi oleh responden, yaitu mahasiswa aktif DIII Bahasa Korea UGM angkatan 2017-2018 berjumlah 54 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman keikutsertaan dalam kegiatan volunteer bersama penutur asli cukup meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Korea serta kepercayaan diri responden. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kendala terbesar responden dalam berbicara Bahasa Korea adalah kurangnya perbendaharaan kosakata dan tata bahasa Korea. Mayoritas responden menyatakan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mereka menonton drama atau tayangan berbahasa Korea lalu menirukannya.

This graduating paper is entitled "The Influence of Volunteer Program Experience Toward Speaking Ability of Diploma III Korean Language Students Vocational College Gadjah Mada University." The purposes of this graduating paper are to know the influence of volunteer program experience towards speaking ability of Diploma III Korean Language Students and to know the biggest problem while speaking in Korean and how to improve Korean speaking ability. This graduating paper used literature study method in arranging theoretical basis and qualitative descriptive method that showed datas from questionnaire that have been answered by respondents. The respondents are 54 persons of Diploma III Korean Language active students. This graduating paper showed that joining volunteer program with native speakers could improve respondent's speaking ability in Korean and self-confident. In the other hand, majority respondents said that their biggest problem in speaking in Korean is less knowledge of Korean vocabularies and grammars. There are many respondents who answered watching Korean dramas or videos and imitating the dialogue is their way to improve their speaking ability in Korean.

Kata Kunci : volunteer program, kemampuan berbicara, Bahasa Korea, Sekolah Vokasi.

  1. D3-2021-416231-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416231-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416231-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416231-title.pdf