Laporkan Masalah

Industri media dan teknologi komunikasi :: STudi tentang keterkaitan Hollywood dengan perkembangan teknologi video

ZAMAN, Budhy Komarul, Dr. Nasikun

2002 | Tesis | S2 Sosiologi

Perkembangan teknologi, terrnasuk teknologi komunikasi, merupakan sesuatu yang niscaya dan senantiasa rnelekat dalam proses sosial, dan dalarn kaitan ini seolah berlaku suatu adagiurn bahwa tidak ada sesuatu yang konstan dalarn perkembangan teknologi kecuali perubahan itu sendiri, tak terkecuali dengan perkembangan teknologi kornunikasi. Pesatnya perubahan dan perkernbangan teknologi kornunikasi akhir-akhir ini, bagairnana pun tidak bisa dilepaskan dari perkernbangan teknologi elektronik secara urnurn, kian rnenguatnya rnotivasi kornersial dibalik setiap upaya pengembangannya, dan derasnya trend globalisasi. Dalarn kaitan ini kalangan industri media, baik yang bergerak dalarn penyediaan perangkat keras (hardware) rnau pun perangkat lunak (soffware) pun rnulai rnencoba mengarnbil langkah-langkah antisipatif dalarn berbagai bentuk kerjasarna atau sinergi rnau pun pengambilalihan, dan tidak lagi mernbatasi diri hanya rnenangani salah satu aspek industrialnya saja (produksi, distribusi, atau konsurnsi/eksibisinya saja), tapi sernuanya, dan dalarn kondisi sernacarn itulah Hollywood harus rnenyesuaikan diri ketika teknologi video dintrodusir pertarna kali pada dekade 70 an. Studi ini antara lain rnernperlihatkan bagaimana terjadinya pergeseran pasar (karakteristik audience} pada dekade itu yang ditengarai sangat berbeda dari generasi sebelumnya, merupakan pull-factor paling kuat bagi terjadinya perubahan tersebut. Pergeseren karakteristik audience itu terutama berkait dengan intensitas pengalarnan rnereka ketika berhubungan dengan massmediated culture. Pada saat yang sarna, sebagaimana terjadi pada pengenalan terhadap teknologi awal pada era perintisan industri media film, semangat rnencari profit sebagai push-facfor, cenderung sernakin kental rnewarnai berbagai inovasi dan perkernbangan teknologi video sebagai pendukung tercapainya suatu bentuk industri kebudayaan yang efisien, efektif sekaligus masif.

Technology development, including communication technology is something that always attaches in the social process. And, in this relation, it seems that there is a paradigm that nothing is constant in technology development, except the change itself, including communication technology development. The rapid communication technology change and development recently, however, is not a part from electronic technology development, in general, stronger commercial motivation behind each development effort, and the rapid flow of globalization trend. In this relation, media industries, running in the providence of, either hardware or software, start to try to take anticipative steps in many kinds of cooperation or synergy or replacement. They no more limit their selves only handling one of their industrial aspect (production, distribution, or consumption. exhibition), but as a whole. Under such condition, Hollywood has to adjust itself with video technology introduced first in 70s decade. This study showed how the market movement (audience characteristic) happened in that decade, which assumed very different from previous generation. It showed how this became the strongest pull-factor to the emergence of that change. The audience characteristic movement was closely related with their experience industry when related with massmediated culture. In the same time, as happened in the introduction of early technology in the era of film media industrial pioneering, the push-factor, the spirit to get profit, tended to stronger to color many innovations and video development as the support to reach an efficient, effectiveness and massive cultural industrial form

Kata Kunci : Sosiologi,Teknologi Komunikasi dan Industri Media,Pergeseran Pasar, Media Industry, Communication Technology, Hollywood, and Video


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.