Laporkan Masalah

ANALISIS LABORATORIUM INTERFACE SHEAR STRENGTH ANTAR LAPISAN AC-BC DENGAN MENGGUNAKAN CRS-1 DAN CSS SEBAGAI TACK COAT

FAHMI HAMDANI, Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc., Ph.D

2020 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Seiring berjalannya waktu, kekuatan konstruksi jalan akan menurun karena meningkatnya beban lalulintas maupun karena masa layannya habis. Untuk meningkatkan kekuatan perkerasan jalan, dilakukan perencanaan struktur jalan yang kokoh, tahan lama dan mempunyai daya tahan tinggi. Diperlukan adanya inovasi dalam perencanaan struktur jalan agar tidak cepat terjadinya kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kuat geser yang ideal pada lapisan interface perkerasan berdasarkan nilai tegangan geser yang dibutuhkan dari hasil analisis menggunakan software BISAR 3.0. dan pengujian empiris di laboratorium. Berdasarkan hasil analisis menggunakan software BISAR 3.0 diperoleh tegangan geser yang dibutuhkan pengujian didapatkan 0,39 MPa. Hasil penelitian ini bahwa aplikasi tack coat optimum yang ditentukan berdasarkan nilai tegangan geser yang dibutuhkan yaitu untuk CRS-1 pada pemakaian 0,3 l/m2 dengan nilai kuat geser di laboratorium sebesar 1,20 MPa lebih besar 0,39 MPa dan untuk CSS pada pemakaian 0,3 l/m2 diperoleh nilai kuat geser sebesar 0,80 MPa lebih besar 0,39 MPa

Over time, the strength of road construction will decrease due to current loads and loads as its service life runs out. To increase the strength of the pavement, a road structure that is sturdy, durable and has high durability is carried out. It is necessary to have innovation in road structure planning so that it is not easily damaged. This study aims to determine the ideal shear strength at the pavement interface layer based on the value of the permit stress from the analysis using BISAR 3.0 software. and empirical testing in the laboratory. Based on the results of the analysis using BISAR 3.0 software, it was obtained that the test permit voltage was 0,481 MPa. The results of this study indicate that the optimum tack coat application is determined based on the value of the permit stress, namely for CRS-1 at 0,3 l / m2 application with a shear strength value in the laboratory of 1,20 MPa greater than 0,39 MPa and for CSS in the application of 0,3 l / m2 obtained a shear strength value of 0,80 MPa greater than 0,39 MPa

Kata Kunci : BISAR 3.0, Tack coat, Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC)

  1. S2-2020-434673-tableofcontent.pdf