Laporkan Masalah

Hubungan antara kecerdasan emosi dan masa kerja dengan penjualan adaptif agen asuransi jiwa bersama Bumiputera 1912 cabang Palembang

YUDIANI, Ema, Dr. Marcham Darokah, MA

2002 | Tesis | S2 Psikologi

Agen asuransi sebagai tenaga pemasar dalam perusahaan asuransi jiwa merupakan ujung tombak keberhasilan perusahaan sehingga kualitas pelayanannya perlu ditingkatkan. Salah satu kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan adalah penjualan adaptif yang berusaha memberikan pelayanan melalui penyesuaian dan agen dengan kebutuhan dan karakter calon nasabah. Penjualan adaptif ini penting untuk ditingkatkan mengingat agen asuransi di indonesia masih menggunakan pendekatan penjualan yang sama untuk semua calon nasabah. penjualan adaptif ini akan sangat relevan bila dihubungkan dengan kecerdasan emosi dan lamanya masa kerja agen dimana kedua variabel ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan adaptif agen asuransi jiwa. Tulisan ini menguraikan penelitian tentang hubungan antara kecerdasan emosi dan masa kerja dengan penjualan adaptif agen asuransi jiwa pada AJB Bumiputera 1912 cabang Palembang. Penelitian ini menggunakan metodepurpose sampling. Subjek terdiri dari 154 agen asuransi jiwa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua angket yaitu Angket Penjualan adaptif dan Anket Kecerdasan Emosi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian adalah : (1) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan penjualan adaptif agen asuransi jiwa, dan (2) tidak terdapat hubungan antara masa kerja dengan penjualan adaptif agen asuransi jiwa.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi,Penjualan Adaptif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.