The Event Management Of Pegadaian Halal Lifestyle 2020 In Representing The New Image Of Pegadaian By JogjaPro Harian Jogja
AMIRAH BANAFSAJ TAQY, Ciaya Dewantara Nugraha S.S., M.A
2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan acara Pegadaian Halal Lifestyle 2020 dalam merepresentasikan citra baru dari Pegadaian oleh JogjaPro Harian Jogja. Penelitian ini menganalisis manajemen acara dari JogjaPro Harian Jogja dengan menggunakan konsep manajemen acara dari Dr. Joe Goldblatt. Goldblatt menyatakan bahwa manajemen acara adalah kegiatan profesional dalam mengumpulkan dan mempertemukan kelompok-kelompok orang dengan tujuan peeayaan, pendidikan, pemasaran, dan reuni, serta bertanggung jawab untuk melakukan riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi untuk mengatur suatu kegiatan (Goldblatt, 2013, p. 12). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis terhadap strategi pengelolaan acara oleh JogjaPro Harian Jogja dalam memperkenalkan citra baru Pegadaian kepada publik yang sebelumnya dianggap sebagai perusahaan yang sudah ketinggalan zaman, dan untuk mengetahui strategi pengelolaan acara yang singkat mengingat JogjaPro Harian Jogja hanya memiliki waktu dua minggu untuk mempersiapkan acara tersebut. Informasi diperoleh dari keterlibatan langsung penulis dalam acara melalui program Praktek Kerja Lapangan dan studi perpustakaan. Metode selanjutnya yang dilakukan adalah wawancara dengan penanggung jawab kegiatan dari JogjaPro Harian Jogja dan penanggung jawab kegiatan dari Pegadaian. Penulis juga merekam, mencatat, mengambil foto, dan juga mendapatkan beberapa dokumen dan data terkait. Dalam studi pustaka, penulis melakukan penelitian dengan membaca buku elektronik dan artikel online. Data disajikan secara deskriptif yang telah disusun berdasarkan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga proses dalam pengembangan Pegadaian Halal Lifestyle 2020 yang dikelola oleh JogjaPro Harian Jogja. Pertama yaitu tahap persiapan yang terdiri dari tahap riset, tahap desain, dan tahap perencanaan seperti melakukan riset mengenai acara yang akan dilaksanakan, merancang konsep dan desain acara, menentukan program-program acara, menentukan bintang tamu spesial acara, menentukan lokasi dan waktu pelaksanaan acara, menentukan strategi dalam mempublikasikan acara, dan mempersiapkan lokasi acara. Kedua adalah tahap koordinasi, sepeeti pelaksanaan acara yang diselenggarakan pada 7-8 Maret 2020, mulai dari pembukaan hingga penutupan acara. Tahap yang terakhir yaitu tahap evaluasi yang menjelaskan proses evaluasi dari Pegadaian Halal Lifestyle 2020. Hasil evaluasi dapat digunakan sebagai perbaikan kualitas pelaksanaan acara pada tahun-tahun berikutnya.
This final project aims to analyze the event management of Pegadaian Halal Lifestyle 2020 in representing the new image of Pegadaian by JogjaPro Harian Jogja. This study analyzes the event management from JogjaPro Harian Jogja using the event management concept from Dr. Joe Goldblatt. Goldblatt stated that the event management is a professional activity of gathering and bringing together grouls of people for the purpose of celebratio, education, marketing, and reunions, and responsible for conduxting research, design, planning, coordination, and evaluation to organize the activity (Goldblatt, 2013, p. 12). This is motivated by curiosity about the event management strategy of JogjaPro Harian Jogja had applied to represent the new image of Pegadaian has long been regarded as business of the elderly, and to know the event management strategies applied by JogjaPro Harian Jogja since JogjaPro Harian Jogja only had two weeks to organize the event. The methods of collecting data were carried out by observing directly through the intership program and literature studies. The next methods were interview with the staff of JogjaPro Harian Jogja and the marketing staff of Pegadaian. The writer recorded, took notes, took photos, and also read several related documents. In the literature study, the writer conducted research by reading electronic books and online articles. The data are presented descriptively which has been compiled through observation. The result show that there were three stages in the event management of Pegadaian Halal Lifestyle 2020 conducted by JogjaPro Harian Jogja. The first is the preparation stage that includes research, design, and planning stage such as conducting research, conceptualizing the event, deciding programs of the event, deciding the guest star of the event, deciding the event venue and date, publishing the information of the event which was held on March, 7-8 2020, starting from the opening until the closing of the event. The last is the evaluation process of Pegadaian Halal Lifestyle 2020. The result of the evaluation can be used to improve the implementation of the event in the following year.
Kata Kunci : Pegadaian Halal Lifestyle 2020, Event Management, Image, JogjaPro Harian Jogja