ANALISA KEGAGALAN ENGINE GRADER CATERPILLAR 16 G NOMOR UNIT G110 DI PT KALTIM PRIMA COAL
ENGGY RANGGA SAPUTRA, Surojo, S.T.,M.Eng
2020 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINEngine adalah komponen utama yang ada pada setiap unit alat berat. engine dengan nomer seri 1WW01193 yang dipasang pada unit grader Caterpillar 16G dengan nomor unit G110 pada tanggal 19 Januari 2020 mengalami kegagalan. Investigasi setelah kejadian menemukan baut connecting rod mengalami patah. Baut connecting rod memiliki fungsi sebagai pengencang dan penghubung antara connecting rod dengan cap connecting rod. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisa kerusakan yang terjadi pada komponen engine agar mendapatkan penyebab dari lepasnya connecting rod dari engine. Penelitian ini menggunakan metode AFA (Applied Failure Analysis) dimulai dengan menyatakan masalah, pengumpulan data terkait fakta yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data berupa riwayat pemasangan, maintenance history, top up oil history, oil analysis, foto makro dan data penunjang lainnya. Hasil penelitian dengan berdasarkan hasil pengumpulan data terkait fakta yang ada menunjukkan bahwa penyebab utama dari kerusakan engine bukan karena material baut connecting rod yang bermasalah tetapi karena tidak standarnya torsi yang diberikan pada baut connecting rod saat pemasangan. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kegagalan serupa yaitu dengan meninjau penggunaan baut, memastikan semua alat yang digunakan telah dikalibrasi dengan benar, memastikan baut dikencangkan dengan torsi yang telah ditentukan dengan tepat.
Engine is the main component in every heavy equipment units. Moreover, engine with serial numbers 1WW01193 placed on the Caterpillar 16G grader unit with unit number G110 on 19 January 2020 experienced a failure. After investigating this matter, the result shows that the connecting rod bolt was broken. The connecting rod bolt has several functions, such as a fastener and a connector between the connecting rod and the connecting rod cap. This research was conducted to analyze the damage that occurs in the engine components in order to discover the release cause of the connecting rod from the engine. This research uses the AFA method (Applied Failure Analysis), beginning with stating a problem and collecting data related to the fact. Additionally, this research collects the data based on the installation history, maintenance history, top-up oil history, oil analysis, macro pictures, and other supporting data. The results of the study show that the leading cause of the engine damage is not from the rod bolt material. However, it is due to the nonstandard torque given to the connecting rod during the installation process. The prevention step to minimize the similar failure is by reviewing the bolt usage, ensuring all the used equipment has been calibrated, and ensuring the bolt is tightened with the precise torque.
Kata Kunci : Baut, Mesin, Applied Failure Analysis/ Bolt, Engine, Applied Failure Analysis