Laporkan Masalah

PENGARUH PERUBAHAN PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 - MAY 2020

HASUDUNGAN RP SIRAIT, I Wayan Nuka Lantara, S.E., M.Si., Ph.D.

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh perubahan peringkat obligasi terhadap return saham pada pasar saham Indonesia dan dalam kurun waktu Januari 2010 - Mei 2020. Pengujian dilakukan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumuman perubahan peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh Pefindo. Penelitian ini juga lebih jauh menguji perbedaan besaran notch perubahan peringkat obligasi terhadap return saham perusahaan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan event study dan menguji signifikansi abnormal return pada periode 245 sebelum pengumuman, pada saat hari pengumuman dan pada 245 hari setelah pengumuman perubahan peringkat obligasi. Abnormal return dihitung dengan menggunakan dua metode yaitu market-adjusted return dan mean adjusted return model. Market-adjusted return model menggunakan return IHSG sebagai expected return, sedangkan mean adjusted return model menggunakan rata-rata abnormal return saham perusahaan selama tigapuluh hari sebelum pengumuman perubahan peringkat. Total sampel yang diuji adalah 88 sampel saham yang terbagi menjadi 40 saham yang mengalami peningkatan peringkat dan 48 saham yang mengalami penurunan. Untuk pengujian pengaruh besaran notch, sampel yang digunakan untuk dua notch ke atas adalah 18 saham (6 saham peningkatan peringkat dan 12 saham penurunan peringkat). Sedangkan untuk 3 notch ke atas sampel yang digunakan sebanyak 7 saham (2 peningkatan dan 5 penurunan). Dilakukan uji-t untuk pengujian hipotesis menggunakan metode One Sample T-Test, Paired T-Test, dan Independent T-Test. Uji regresi linier berganda dilakukan untuk menguji pengaruh besaran notch perubahan peringkat obligasi terhadap abnormal return. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara deskriptif, untuk semua sampel, pasar tidak bereaksi terhadap peningkatan peringkat obligasi tetapi melakukan reaksi antisipasi atau terjadi the rate changing lag pada penurunan peringkat sekitar 4,5 - 5 bulan sebelum pengumuman. Untuk perubahan peringkat dua notch ke atas terdapat antisipasi pasar selama 1,5 - 2 bulan sebelum pengumuman untuk peningkatan peringkat dan 11 bulan untuk penurunan. Untuk tiga notch ke atas, terdapat antisipasi pasar 2,5 bulan sebelum pengumuman untuk peningkatan peringkat dan 8 - 9 bulan untuk penurunan peringkat. Dari hasil uji regresi linier berganda didapatkan bahwa besaran notch perubahan peringkat obligasi berpengaruh secara signifikan pada abnormal return hanya untuk penurunan peringkat, tidak pada peningkatan peringkat.

This research was conducted to examine the effect of changes in bond ratings on a company's stock return on the Indonesian stock market and in the period January 2010 - May 2020. Testing was conducted to determine market reaction to the announcement of bond rating changes issued by Pefindo. This study also further examines the differences of notch changes in bond ratings to the company's stock returns. The study was conducted using event studies and testing the significance of abnormal returns on 245 days before the announcement, on the day of the announcement and on the 245 days after the announcement of bond rating changes. Abnormal return is calculated using two methods, the market-adjusted return model and the mean adjusted return model. The market adjusted return model uses the IHSG return as the expected return, while the mean adjusted return model using the average abnormal return of the company's stocks for 30 days before the announcement of bond rating changes. The total sample tested was 88 sample stocks which were divided into 40 stocks that experienced upgrades and 48 stocks experienced downgrades. To test the effect of notch magnitude, the sample for 2 notches and above used were 18 stocks (6 stocks upgrades and 12 stocks downgrades). While for 3 notches and above the sample used were 7 stocks (2 stocks upgrades and 5 stocks downgrades). T-test was held for hypothesis testing uses the method of One Sample T-Test, Paired Sample T-Test, and Independent Sample T-Test. Multiple linear regression test was also performed to test the effect of notches changes differences on abnormal returns. The results of this study indicate that descriptively, for all sample, the market did not react to upgrades but did anticipate or experienced the rate changing lag in downgrades about 4.5 - 5 months before the announcement of changes. For changes of the two notches above, there is market anticipation for 1.5 - 2 months before the announcement for upgrades and 11 months for downgrades. Whereas for the three notches above, there is an anticipation of the market 2.5 months before the announcement for upgrades and 8 - 9 months for downgrades. From the multiple linear regression test, it is found that the notch magnitude of the change in bond rating has a significant effect on abnormal return only for downgrades, not for upgrades.

Kata Kunci : Peringkat Obligasi, Notch, Reaksi Pasar, Event Study, Abnormal Return and The Rate Changing Lag

  1. S2-2020-432779-abstract.pdf  
  2. S2-2020-432779-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-432779-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-432779-title.pdf