PENGENALAN KONSEP TUHAN PADA ANAK USIA DINI TAHAP PRA-OPERASIONAL OLEH ORANG TUA BERAGAMA ISLAM
Atika Husnul Khotimah, Ammik Kisriyani, S.Psi., M.A.
2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIKonsep Tuhan dikenalkan pada anak usia dini untuk menstimulasi aspek perkembangan spiritual anak. Lingkungan keluarga sebagai lingkungan yang terdekat dengan anak memiliki peranan penting dalam pembentukan konsep Tuhan pada anak. Berbagai cara diterapkan orang tua untuk dapat mengenalkan konsep Tuhan pada anak usia dini. Konsep Tuhan yang bersifat abstrak seperti yang ada pada agama Islam menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk menjalankan peran tersebut. Salah satu hal yang dapat mendukung orang tua dalam menjalankan peran tersebut ialah pengetahuan mengenai perkembangan anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses pengenalan konsep Tuhan pada anak usia dini tahap pra-operasional oleh orang tua beragama Islam dan memiliki pengetahuan mengenai tahapan perkembangan pada anak. Penelitian ini melakukan wawancara mendalam dengan 3 orang tua dengan kriteria tertentu. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan kasus tunggal (single case). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua menggunakan berbagai pendekatan dalam mengenalkan konsep Tuhan pada anak usia dini seperti pendekatan kognitif, afeksi, perilaku, dan sosial yang dilakukan secara eklektik dengan memerhatikan tahapan perkembangan anak.
The concept of God is introduced in early childhood to stimulate spiritual development. Family environment as the closest environment to early childhood has an important role. Various ways are applied by parents to be able to introduce the concept of God to early childhood. The abstract concept of God in Islam is a challenge for parents to play this role. Therefore, this study aims to explore the introduction of the concept of God in early childhood in the pre-operational stage by parents who are Muslim and have knowledge of early childhood development. The research method applied in this study uses qualitative method and a case study approach with a single case. In-depth interview research with 3 parents with certain criteria. The results of this study indicate that parents use various approaches in introducing the concept of God in early childhood such as cognitive, affective, behavioral, and social approaches which are carried out eclectically by paying attention to the stages of child development.
Kata Kunci : Early Childhood, Pre-operational Stage of Development, Case study, God Concept