Laporkan Masalah

Museum Masuk Sekolah Event as a Tool to Promote Company Image of Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

MUHAMMAD VICELLIO P, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A.

2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Acara adalah sebuah aktivitas yang dilaksanakan untuk mencapai sebuah tujuan. Salah satu tujuan dari acara adalah untuk mengenalkan citra perusahaan kepada publik. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memanfaatkan acara sebagai alat promosi citra museum. Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas acara Museum Masuk Sekolah sebagai media promosi citra perusahaan. Penulis menggunakan metode studi lapangan dan studi pustaka untuk mengumpulkan data. Penulis melakukan studi lapangan dengan menjadi partisipan melalui program magang selama 2 bulan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Penulis mengumpulkan data dengan mengoleksi data-data penting seperti laporan kegiatan acara, dokumentasi kegiatan, dan wawancara dari pihak panitia. Penulis juga membaca beberapa referensi jurnal, artikel, dan buku dari internet sebagai studi pustaka. Data yang digunakan dikelompokkan dan disajikan secara detail dengan pendekatan studi deskriptif. Pada akhirnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa acara Museum Masuk Sekolah mempromosikan citra museum dengan menggunakan tiga poin kunci yaitu mengadakan pameran koleksi museum, penempatan permainan pada pameran, dan kunjungan langsung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Event is an activity carried out to achieve a goal. One of the purposes of holding an event is to introduce the company's image to the public. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta utilizes an event as a means of promoting the image of the museum. This final project aims to discuss the success of the museum in using Museum Masuk Sekolah as a tool to promote the company image. The writer used the field study method and library study to collect data. The writer conducted a field study by becoming a participant through an internship program for 2 month at the Museum Benteng Vredeburg. The author collected data by collecting important data such as event activity reports, activity documentation, and interviews from the event committee. The author also read a number of journal references, articles, and books from the internet as literature studies. The data used are grouped according to objectives and presented in detail with a descriptive study approach. In the end, the results of this study indicate that the Museum Masuk Sekolah event promotes the image of the museum by using three key points, namely, holding exhibitions of museum collections, placing games at exhibitions, and visiting Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Kata Kunci : Acara, Promosi, Citra Perusahaan, Tempat Wisata, Museum.

  1. D3-2020-416189-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416189-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416189-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416189-title.pdf