Laporkan Masalah

THE IMPLEMENTATION OF PUBLIC RELATIONS IN BUSINESS DEVELOPMENT DIVISION AT PRIVATQ YOGYAKARTA

TRI DIAH APRILIA, Agnes Siwi Purwaning Tyas, S.Pd., M.Hum.

2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas Akhir ini bertujuan untuk membahas tugas hubungan masyarakat yang dilakukan oleh staf divisi pengembangan bisnis di Privatq sebagai alat pengukur perusahaan dalam mencapai tujuan dengan menggunakan komunikasi yang baik, itu termasuk strategi dalam memperkenalkan, mempertahankan, dan mengembangkan perusahaan untuk mencapai target yang diharapkan. Metode pengumpulan data penulis dengan menggunakan observasi, studi pustaka, dan interview. Analisis berdasarkan observasi dilakukan dengan melakukan magang di Privatq Global Indo Yogyakarta dari tanggal 10 Februari hingga 3 April 2020. Sedangkan, studi pustaka mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel untuk mendukung penulisan tugas akhir. Metode lainnya adalah wawancara yang dilakukan dengan narasumber yang berkaitan dengan topik makalah tugas akhir ini. Berdasarkan hasil studi pustaka dan studi lapangan, pengembangan bisnis di Privatq berfungsi sebagai humas perusahaan untuk mengelola dalam perkembangan perusahaan dan perluasan perusahaan, supaya orang lebih mengenal merek dan mengetahui Privatq lebih baik. Dalam mengembangkan perusahaan, divisi pengembangan bisnis mampu mengelola dan membuat strategi yang berkaitan dengan tujuan perusahaan. Setelah mengelola dan membuat strategi untuk mengembangkan perusahaan, divisi pengembangan bisnis di Privatq mampu memasarkannya sesuai target audiens. Pemasaran informasi perusahaan dan pengenalan merek perusahaan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pemasaran secara langsung dengan menggunakan dari mulut ke mulut, sedangkan, pemasaran secara tidak langsung dengan menggunakan media sebagai penghubung dengan masyarakat, seperti komunikasi teknologi, media sosial, media elekteonik dan media print yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan.

This graduating paper aims to discuss public relations tasks carried out by the business development division staffs at Privatq as a measuring tool of the company in achieving company goals by using good communication, including strategies in introducing, maintaining and developing the company to achieve the expected targets. The data collection methods were using observation, library study, and interviews. The analysis was based on observations during an internship at Privatq Global Indo Yogyakarta from February 10 to April 3 2020. Meanwhile, library study collected data from various sources such as books, journals, and articles to support the writing of the final paper. Another method is interviews conducted with informants related to the topic of this final paper. Based on the results of library studies and field studies, business development in Privatq serves its functions as a corporate public relations officer who manage company development and company expansion, so people will know the brand and Privatq better. In developing a company, the business development division be able to manage and make strategies related to company goals. After managing and creating a strategy to develop the company, the business development division at Privatq be able to market it according to the target audience. Marketing of company information and company brand acknowledgment is carried out directly and indirectly. Direct marketing uses word of mouth, meanwhile, indirect marketing uses media to communicate with society, such as communication technology, social media, electronic media and print media which greatly affect the company.

Kata Kunci : Keywords: Public Relations, Business Development Division, Strategy, Marketing

  1. ABSTRACT.pdf  
  2. D3-2020-396189-abstract.pdf  
  3. D3-2020-396189-bibliography.pdf  
  4. D3-2020-396189-tableofcontent.pdf  
  5. D3-2020-396189-title.pdf  
  6. Title.pdf