Landasan aksiologis demokrasi pendidikan Pancasila dalam membangun masyarakat Indonesia baru
SYUKRI, Prof. Imam Barnadib, MA.,PhD
2002 | Tesis | S2 Ilmu FilsafatTuj uan penelitian ini adalah mempelajari landasan aksiologis dari demokrsi Pendidikan Pancasila dan relevansinya dalam membangun masyarakat Indonesia baru. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan metode analisa hermeneutik. Metode tersebut disusun dengan unsur-unsur deskripsi, interpretsi dan refleksi dengan pengumpulan data-data yang mendukung, dan diikuti dengan mensistematisasi, klasifikasi, analisa dan penulisan tesis. Globalisasi membawa perubahan yang besar di semua aspek kehidupan manusia. Manusia adalah makhluk yang terlahir dalam keadaan merdeka, bebas untuk berbuat, tetapi bertanggung jawab. Pendidikan sebagai proses humanisasi, seharusnya memberdayakan manusia secara holistik atas dasar fitrah kemanusiaan, membangun kesadarannya sebagai subjek kehidupan. Masyarakat Indonesia baru (masyarakat madani) adalah suatu wacana yang memberi pengakuan secara positif-konsturktif terhadap kebebasan manusia. Salah satu ciri yang dominan dari kehidupan di era globalisasi dan masyarakat madani adalah demokrasi. Pendidikan nasional yang mempunyai kedudukan dialektik dengan masyarakat seharusnya mampu menjawab tantangan itu, walaupun tetap dalam konteks keindonesiaan (berlandaskan Pancasila). Adapun objek material dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia baru, sedang objek formalnya adalah landasan aksiologis dari demokrasi pendidikan Pancasila. Aksiologi adalah cabang filsafat yang membahas tentang nilai. Niali-nilai kebenaran, kebaikan, keindahan dan religius termasuk rumpun nilai manusiawi, karena penvujudannya berkaitan dengan eksitensi manusia. Demokrasi pendidikan Pancasila juga mengandung nilai itu, maka menjadi suatu keharusan bagi lembaga pendidikan untuk mengaktualisasikannya sebagai suatu sistem kehidupan di lingkungannya, sebagai suatu pra kodnisi yang sangat mendukung untuk terbangunnya masyarakat Indonesia baru (masyarakat madani) yaitu masyarakat yang beradab, terbuka, modern, mandiri dalam bersikap dan mempunyai keunggulan serta nasionalis dan partiotik bagi bangsa dan negaranya. Dengan demokrasi pendidikan yang berdasarkan pada Pancasila, bangsa Indonesia dapat dibangun secara moral dan intelektual mendekati sifat kodrat, dan sebagaimana kita berfikir secara individu bangsa Indonesia yang baik harus seperti apa. Menurut pandangan filosofis ini bangsa Indonesia secara individu berkaitan erat dengan tiga jenis sifat kofrat. Yakni secara mental dan secara fisik sehat, secara individu dan secara sosial harmoni dan secara individu percaya kepada Tuhan sekaligus juga merdeka
The aim of this research is to study axiologic foundation of democracy of Pancasila education and its relevancy in creating new Indonesian society. This research is a library content analysis using hermeneutic method. The methods are composed by description, interpretation and reflection by gathering data that fits the scope of research, and it is followed by systemizing, classifying, analyzing and writing thesis. Globalization era leads to the greatest changes in all aspects of human social life. Human being is born with freedom, doing something freely, but sould responsible of what they do. Education as a process of humanization should endeavor the development of individual holistically and builds awareness as a subject of life. New Indonesian society (civil society) is a concept that confesses positively and constructively to the human freedom. One of the dominant aspect in globalization and civilized society is democracy. National education which has dialectic position to the society should be able to answer the challenge based on Indonesian context (based on Pancasila). The material object of this research is new Indonesian society, while the formal object is axiologic foundation of democracy of Pancasila education. Axiology is a branch of philosophical sciences which discusse about values. The values of truth, goodness, aesthetic and religious belong to human values, because the realization of the values are related to the existence of human being. Democracy of Pancasila education also contents those values so the environment as a pracondition that support in creating new Indonesian society (civil society), that is civilized society in attitude, open, modern, self confident and has superiority as well as nationalist and patriotic for nation and country. In educational democracy point of view which is based on Pancasila Indonesian people can really be built intellectually and morally toward nature and personally good, as we think the people of Indonesia ought to be. According to philosophical perspective, the Indonesian people individually is closely related to three kinds of fixed human nature, mentally and physically health, individually and socially in a harmony and deity personally belief is God, individually freedom
Kata Kunci : Filsafat Pancasila,Nilai,nilai,Pembangunan Masyarakat Indonesia