Studi kualitas pelayanan perpustakaan :: Studi kasus kualitas pelayanan Perpustakaan ASMI Santa Maria Yogyakarta
SUMARDIYONO, Isidorus, Dr. Yeremias T. Keban
2002 | Tesis | S2 Administrasi NegaraPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan perpustakaan ASMI Santa Maria dari pandangan pengguna dan mengetahui faktor faktor yang mempengaruhinya. Hal ini penting sekali karena merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, dimana pelayanan perpustakaan sebagai pendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif metode survey. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan kuesioner. Kemudian data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik tabulasi, dengan menyajikan hasil penelitian tabel-tabel distribusi frekuensi dengan persentase. Berdasarkan konsep Serqual dari Parasuraman etal diambil empat indikatior dari kualitas pelayanan yaitu: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati ditambah dengan indikator lain yaitu kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan ASMI Santa Maria menurut pandangan pengguna secara umum sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan basil rata-rata ( 51,0% ) dari pernyataan sebanyak 100 responden menyatakan bahwa kualaitas pelayanan perpustakaan pada tingkat yang tinggi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan adalah Profesionalisme Pustakawan, dengan persepsi 60,0% berpendapat bahwa Profesionalisme Pustakawan pada tingkat yang tinggi.Pengaruh yang kedua yaitu Ketersediaan Fasilitas dari sebagian besar, persepsi responden yaitu 59,0% bahwa fasilitas perpustakaan pada tingkat yang lengkap atau sedang, khususnya mengenai jumlah eksemplar koleksi. Berdasarkan basil penelitian tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pelayanan perpustakaan ASMI Santa Maria, ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian yaitu jumlah koleksi yang terbitan barn dari segi judul dan eksemplar khususnya untuk jurusan Sekretaris. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah letak perpustakaan di lantai III yang cukup melelahkan pengguna.
This purpose of this research is to describe the quality of the ASMI Santa Maria's library based on the users' opinion and is to know the influencing factors. This research is of high importance because it also meant to improve the quality of service of the ASMI library : while the library itself serves as supporting factor for the implementation of the Tri Dharma Perguruan Tinggi namely, education, research, and social services. This research uses a quantitative descriptive method in which the survey method is extensively used. Meanwhile, documentation and questionnaire techniques are employed as data collection technique. The data is processed further using qualitative and quantitative descriptive analysis with tabulation technique. Based on the Serqual concept of Parasuraman et al, for indicators of the quality services are employed: reliability, assurance, empathy, and responsiveness. Another indicator, satisfaction, is then added. The results of the research show that the quality of the ASMI Santa Maria library is fairly good, according to the users. Some 51,0% of the 100 respondents state that the service of the ASMI library is of good quality. The influencing factors ( independent variable ) of the quality of service are the librarians' professionalism of the librarian is of high quality. For the second factor, some 59,0% respondents say that the number of copies and range of varieties of the collection are sufficient. The research conclude that the efforts to improve the quality the ASMI Santa Maria library should incorporate the supply so new book collections of wider variety of title and numbers, particularly for the Secretary Department. Last but not least, another factor needs to consider is the site or location of the library situated on the third floor, the library cause a reluctance among the users to make a frequent visit, because it needs more energy.
Kata Kunci : Layanan Perpustakaan,Perpustakaan ASMI Santa Maria Yogyakarta, ASMI, library, service quality, professionalism, facilities