Laporkan Masalah

Pengaruh Gamification dalam Aplikasi E-Commerce Shopee terhadap Customer Brand Engagement: Analisis Pengguna Shopee terhadap Permainan Shopee

HASNA ALYA FARRAS, , Lidwina Mutia Sadasri, S.IP., M.A

2020 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepopuleran gamification permainan Shopee sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran Shopee berbasis mobile app. Popularitas permainan Shopee kian melesat disebabkan oleh fitur ���¢�¯�¿�½�¯�¿�½Undang Teman���¢�¯�¿�½�¯�¿�½ yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Penelitian ini mengkaji pengaruh gamification permainan Shopee terhadap customer brand engagement pengguna Shopee. Dengan menggunakan konsep gamification milik Yukai Chou (2016) dan CBE milik Hollebeek (2014), penelitian ini dilakukan melalui metode survei dengan melibatkan 400 pengguna Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif dengan nilai tergolong sangat kuat, sebesar 0.774. Kondisi ini mengindikasikan semakin kuat variabel gamification turut memberikan pengaruh terhadap atribut immersion, passion, dan activation pengguna Shopee. Ditemukan fakta menarik atribut social influences dengan atribut activation menduduki peringkat tertinggi dengan nilai sebesar 0.704, menunjukkan fitur unggulan Shopee berupa Undang Teman merupakan salah satu yang memberikan pengaruh signifikan pada keterlibatan pengguna.

This research is motivated by the popularity of Shopee gamification as one of the mobile app-based marketing communication strategies. The fame of Shopee's game progressively scampering due to the 'Invite Friends' feature which is not possessed by other competitors. This research examines the effect of gamification on Shopee customer brand engagement by adopting the concept of gamification belonging to Yukai Chou (2016) and CBE by Hollebeek (2014). This research conducted through a survey method implicating 400 Shopee users. The results of this study indicate a positive correlation with a very robust value, amounting to 0.774. This condition exhibits the more reliable gamification will influence the attributes of immersion, passion, and activation of Shopee users. Subsequently, this research found an appealing fact between social influences and the activation attribute occupying the highest value of 0.704 and a significant influence on user engagement.

Kata Kunci : Gamification, Customer Brand Engagement, Permainan Shopee, Komunikasi Pemasaran

  1. S1-2020-399328-abstract.pdf  
  2. S1-2020-399328-bibliography .pdf  
  3. S1-2020-399328-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-399328-title.pdf