Laporkan Masalah

The Role of Amazon in Redefining the American Business State-Relations

M FAKHRI ABDURRAHMAN, Dr. Nur Rachmat Yuliantoro, S.I.P., M.A.(IR)

2020 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Perusahaan Amazon dapat dikukuhkan sebagai perusahaan paling berpengaruh di abad ke-21 karena telah mengubah definisi dari bukan hanya struktur bisnis konvensional dan penggunaan teknologi oleh konsumen, tapi juga cara hidup khas Amerika. Perusahaan teknologi dari Amerika Serikat telah membawa banyak perubahan ke seluruh dunia dan pemerintah di sebrang Samudra Atlantik telah memberikan lebih banyak pengawasan kepada perusahaan-perusahaan tersebut dibandingkan dengan pemeringah A.S. Amazon telah mendefinisikan kembali perusahaan dan industrinya. Strategi yang dicanangkan Amazon untuk pertumbuhan perusahaan dapat juga mengarah kepada redefinisi hubungan antara bisinis dan pemerintah. Penelitian ini menyoroti sifat mengasung perusahaan teknologi terhadap hubungan antara bisnis dan pemerintah di A.S. Melalui lensa Progressive capitalism, gagasan tentang perlunya peran pemerintah dalam ekonomi, riset ini menggunakan dua konsep yaitu kekuatan pasar dan aktivitas politik perusahaan dalam mengukur distorsi Amazon terhadap hubungan bisnis dan pemerintah. Penelitian ini berargumen bahwa Amazon telah mendesain secara teliti strategi untuk mencapai tujuan perusahaan melalui keuntungan dalam negosiasi dengan pemerintah A.S. Riset ini berusaha untuk memetakan fitur kekuatan pasar dan kekuatan politik Amazon yang berpengaruh besar dalam posisi Amazon dalam berinteraksi dengan pemerintah dan bagaimana Amazon terkena dampak regulasi. Posisi tersebut tercapai melalui pertumbuhan yang tidak termonitor oleh hukum persaingan yang belum siap dan strategi kontribusi kampanye diikuti oleh lobi pemerintah yang kuat yang tersedia berkat pekerjaan lobi revolving door.

Amazon Inc. could be endowed as the most disruptive company of the 21st century as it has reshaped not only the conventional business structures and consumer use of technology, but also the American way of life. Technology companies from the U.S. have taken the world by storm and governments across the Atlantic have gone through more scrutiny over said companies than the U.S. government. Amazon has continuously redefined itself as a company and the industries it enters. The strategies Amazon has used for company growth could also lead to the redefining of relations between business and the government. This research highlights the disruptive nature of a technology company towards the conventional business-state relations in the United States. Through the lens of progressive capitalism, a notion of the need for more government presence in the economy, the research utilized two concepts in measuring Amazon's distortion in business state relations namely market power and corporate political activity. The research argues that Amazon has meticulously designed strategies to achieve company goals through numerous leverages of negotiations with the government leading to advantageous regulations for the company. The research attempts to map out the tenets of Amazon's market and political power that are detrimental towards the leverage of negotiation it has in addressing governments and by extension how it is impacted by regulations. The leverage is achieved through an unchecked growth made possible by an unequipped antitrust enforcement and strategic campaign contributions followed by vigorous lobbying courtesy of the revolving door lobbyist jobs.

Kata Kunci : Corporations, Government Relations, Regulations, Digital Economy, Amazon

  1. S1-2020-396022-abstract.pdf  
  2. S1-2020-396022-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-396022-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-396022-title.pdf